Home Index Bintaro Dog Lovers Bagikan Tips Perawatan

Bintaro Dog Lovers Bagikan Tips Perawatan

0
SHARE

Memiliki anjing adalah sebuah kebanggaan bagi setiap orang yang memilikinya. Tidak diragukan lagi, karena anjing adalah hewan peliharaan yang sangat menarik, lucu, cerdas, dan salah satu hewan peliharaan yang di gemari di dunia. Saat ini, begitu banyak sekali jenis anjing dari bermacam-macam ras yang sangat diminati untuk dijadikan hewan peliharaan. Sehingga banyak pula lahir komunitas-komunitas Dog Lovers (pecinta anjing).

Kali ini Sawu, salah satu anggota Bintaro Dog Lovers akan berbagi tips untuk pencinta anjing, karena pada dasarnya anjing ini terdiri dari berbagai macam varisi sehingga harus ada penanganannya sendiri.

“Mereka umumnya terdiri dari jenis anjing terkecil hingga anjing yang terbesar selain itu ada juga anjing yang berbulu panjang maupun berbulu sedang. Namun bagi pecinta anjing yang masih pemula pastinya akan bingung untuk mengetahui bagaimana cara merawat anjing yang baik,” ucap Sawu, Jum’at (20/1/2017).

adapun tips-tipsnya sebagai berikut :

1. Latih anjing anjing anda Ketika anjing baru anda tiba dirumah, anda harus biasakan untuk melatih anjing anda. Karena pada dasarnya anjing tidaklah lahir dalam keadaan terlatih. Jika anda rutin melakukan kegiatan ini maka dia akan melihat anda sebagai pelatih dan juga sahabat terdekatnya. Peran anda sebagai pelatih hanya cukup memberikan petunjuk ke anjing anda ketika dia ingin membuang fasesnya ataupun air seninya. Lakukan kegiatan ini pada anjing anda yang berusia dini sehingga nanti jika mereka dewasa akan sangat terbiasa untuk melakukannya.

2. Bei makan dengan nutrisi lengkap untuk merawat anjing pastinya kita wajib memberikan makanan dengan nutrisi yang lengkap. Karena ini penting dan sangat berfungsi untuk pertumbuhannya yang sempurna. Dalam kandungan makanan dengan nutrisi yang lengkap umumnya bisa dikategorikan seperti  protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat.

3. Hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah untuk menggrooming anakan anjing anda dari usia dini. Karena jika kegiatan ini sering dilakukan saat anjing masih kecil maka ketika anjing anda dewasa mereka akan terbiasa dengan hal ini. Selain dari itu anda juga harus perhatikan dengan shampo apa saja untuk menggroming anjing anda.

4. Perwawatan bulu ini juga sangat diperlukan untuk merawat anjing kesayangan anda. karena bulu anjing merupakan mahkota kecantikannya bagi anjing yang memiliki bulu panjang. Oleh karena itu anda harus tahui cara merawat bulu anjing dengan benar. Pada tahap-tahap perawatan anjing setelah grooming, anda juga harus tau cara merawat bulunya dan apa penyebab kerontokan pada bulunya.

5. Menyikat gigi anjing umumnya sama pentingnya seperti menyikat gigi anda sendiri. Karena dampak buruk jika anjing anda tidak disikat giginya, maka akan menyebabkan masalah-masalah seperti bau nafas yang tak sedap, plak gigi, karang gigi, masalah gusi, bahkan bisa menyebabkan masalah pencernaan dan sakit jantung.

6. Bersihkan telinga anjing anda karena halnya manusia, telinga anjing juga tidak boleh sampai kotor. Karena jika hal ini dibiarkan akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan anjing anda.

7. Potong kuku ajing anda karena seperti halnya manusia, kuku pada anjing juga akan terus berkembang. Pada dasarnya untuk kuku anjing liar yang bukan merupakan anjing peliharaan secara umum kukunya akan terkikis dengan sendirinya, di karenakan mereka sering berjalan di trotoar, aspal dan batu-batuan. Namun untuk anjing rumahan atau peliharaan, pastinya tidaklah seperti anjing liar. Anjing rumahan biasanya akan membiarkan kukunya hingga panjang sekalipun.

8. Berikan vaksinasi adalah kegiatan yang sangat diperlukan dalam merawat anjing. Fungsi pada vaksinasi merupakan untuk merangsang  bentuk kekebalan agar tahan terhadap berbagai penyakit yang akan menyerang anjing anda. Contohnya dapat menangkal  jenis penyakit berbahaya seperti Rabies, Flue, dan penyakit lainnya.

“Saya rasa hanya itulah tips merawat anjing peliharaan agar sehat, semoga anjing anda sehat selalu semakin lincah dan menggemaskan, saya tunggu anda bergabung di Bintaro Dog Lovers,” pungkanya. (Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here