Home Berita Garuda Indonesia dan PWI Lestarikan Biota Laut dan Mangrove di Ambon

Garuda Indonesia dan PWI Lestarikan Biota Laut dan Mangrove di Ambon

0

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Lantamal XI Ambon dan Pemprov Maluku menjalin kerjasama dalam kepedulian lingkungan khususnya pelestarian biota laut dan mangrove.

Adapun bentuk kegiatannya yakni dengan menanam lebih dari 18.200 bibit pohon mangrove dan 2400 bibit terumbu karang guna menyelamatkan ekosistem laut di Selat Ambon, bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Pantai Batu Kuda, Ambon, Selasa (7/2).

Direktur Umum dan SDM Garuda Indonesia Sari Suharso mengungkapkan, inisiatif upaya konservasi terumbu karang dan mangrove di kawasan pesisir Ambon dilaksanakan melalui kerjasama bersama PWI dan TNI AL.

“Upaya konservasi terumbu karang dan mangrove sekiranya dapat memberikan dampak multiplier effect berupa fungsi ekonomi tetapi juga fungsi ekologis yang dapat dimaksimalkan secara berkesinambungan untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut di Pesisir Ambon,” ungkap Sari melalui keterangan tertulisnya yang diterima tangerangonline.id, Rabu (8/2/2017).

Dikatakannya, dengan upaya pengembangan konservasi terumbu karang dan mangrove yang berkesinambungan dapat mendukung pengembangan destinasi wisata prioritas nasional khususnya wisata bahari dan tentunya dapat menjaga kesehatan lingkungan.

“Upaya konservasi terumbu karang dan mangrove tersebut kami proyeksikan dapat berkontribusi pelestarian dan kesehatan lingkungan melalui pengurangan emisi karbon dioksida hingga mencapai 1.100 ton emisi karbon per tahunnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwakilan PWI Pusat Kiki Iswara mengungkapkan, sejalan dengan tema peringatan HPN 2017 “Pers & Rakyat Maluku Bangkit dari Laut”, PWI turut mengambil peran dan berkontribusi dalam menjadikan Maluku sebagai ikon daerah melalui berbagai nilai sejarah dan kekayaaan ragam budaya, serta potensi bahari yang kuat.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Lantamal IX Ambon dan jajaran pemerintah daerah yang telah mendukung penuh pelaksanaan sinergi program CSR di bidang pelestarian alam dan lingkungan antara Garuda Indonesia dan PWI di Selat Ambon ini,” ungkap Kiki.

Melalui program kepedulian lingkungan. Konservasi Terumbu Karang dan Mangrove di wasan pesisir, Ambon, Garuda Indonesia, PWI dan TNI AL memberikan dukungan sebanyak 18.150 bibit mangrove dan 2400 bibit terumbu karang dengan jangkauan penyebaran bibit seluas 5 hektar untuk kawasan Mangrove dan 5000 m2 untuk areal penanaman terumbu karang. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here