Home Berita Tuntut Nasionalisasi Aset Freeport, Pospera Unjukrasa Puspemkot

Tuntut Nasionalisasi Aset Freeport, Pospera Unjukrasa Puspemkot

0

Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Banten melakukan unjuk rasa terkait nasionalisasi aset PT Freeport. Aksi tersebut dilakukan di depan Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (7/3/2017).

Humas aksi tersebut Fachri mengatakan, pihaknya melakukan aksi tersebut atas keinginan masyarakat Banten untuk meminta nasionalisasi aset yang ada di Indonesia. Pasalnya, beberapa aset nasional yang saat ini dikelola oleh pihak swasta, menurutnya tak sesuai dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, yang pada pasal 33 UUD 1945 berbunyi kekayaan alam yang ada di bumi Indonesia harus dilindungi dan digunakan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.

“Kami minta pemerintah pemerintah untuk menasionalisasi aset yang ada di Indonesia. Karena PT Freeport telah ada sejak lama pada tahun 1967. Mereka sudah merampok selama 50 tahun di Indonesia,” tegasnya kepada awak media disela-sela aksi.

Bahkan, pihaknya mengecam keras kepada PT Freeport yang tak setuju dengan UU no 1 tahun 2017 dikeluarkan pemerintah. Karena, UU itulah yang menurut pihaknya menguatkan nasionalisasi aset yang ada di Indonesia. Karena adanya perubahan Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

“Kami mengecam atas tindakan PT Freeport yang mangancam pemerintah dengan melalui tenaga kerjanya. Itu tak boleh dijadikan tameng dan alat mengacam dari tenaga kerjanya,” cetus Fachri seraya menutup pembicaraan. (Yip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here