Home / Agenda / RSIA Buah Hati Pamulang Seminar ‘1000 Hari Pertama Kehidupan’

RSIA Buah Hati Pamulang Seminar ‘1000 Hari Pertama Kehidupan’

Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Buah Hati Pamulang merayakan hari ulang tahunnya ke-6. Di antara rangkaian kegiatan untuk memeriahkannya, RSIA Buah Hati Pamulang menggelar seminar kesehatan awam bertema “1000 Hari Pertama Kehidupan” di Teraskota Mall, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Minggu (2/4/2017).

Seminar dengan kerjasama Nestle tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 orang peserta dan dilaksanakan pukul 10.15 WIB.

Direktur RSIA Buah Hati Pamulang dr. Karlina, MARS memberikan sambutan sekaligus membuka acara seminar kesehatan awam ini, mengatakan, salah satu Visi RSIA Buah Hati Pamulang merupakan rumah sakit yang sangat peduli terhadap kesehatan pasien.

“Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan edukasi kesehatan yang diwujudkan dalam bentuk seminar kesehatan awam,” ujarnya.

Dalam seminar ini menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya yaitu dr Fajar Subroto, SpA (K) dengan membawakan topik “ 1000 Hari Pertama kehidupan”.

Dipaparkannya, 1000 Hari pertama kehidupan seorang anak tidak hanya mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik, tetapi juga perkembangan kognitif dan emosional serta tidak sekedar tumbuh ke atas tapi juga pematangan organ yang harus diperhatikan.

Selain itu ada beberapa hal yang terjadi dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan yaitu meliputi berat badan naik tiga kali lipat ditahun pertama, perkembangan otak dan peningkatan lingkar kepala serta perkembangan motoric, bahasa dan sosial.

Point terakhir yang disampaikan dr Fajar yaitu mengenai nutrisi yang diberikan kepada anak. “Pertumbuhan dan perkembangan pada awal kehidupan sangat penting, maka diperlukan nutrisi yang tepat untuk mendukung masa depan anak,” ungkap dr Fajar.

Sebagai pembicara kedua dr. Firmansyah Chatab, SpA membawakan topik mengenai “Cerdaskah Anak Kita? Pantau Tumbuh Kembangnya.” Menurutnya, membentuk seorang anak dengan yang sempurna dengan kualitas serta potensi yang paripurna dimulai sejak dalam proses pembuahan sampai mencapai fungsi yang optimal. Terdapat 2 point utama yang dibahas yaitu pertumbuh meliputi bertambah besarnya organ, tulang dan otot, penambahan Berat badan, lingkar kepala dan lainnya.

Sedangkan perkembangan, imbuh dr Firmansyah meliputi meningkatnya fungsi sel tubuh, maturasi organ dan sistim keterampilan, kemampuan afektif dan kreaktivitas.

“Pertumbuhan serta perkembangan seorang anak yang sesuai dengan usianya, maka akan menjadikan anak tersebut cerdas,” ujarnya.

Selain menghadirkan kedua pembicara, acara seminar ini dipandu oleh moderator yaitu dr Aditya Suryansyah SpA yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Acara semakin meriah dengan kedatangan dua bintang tamu berbakat yang sekaligus menjadi MC acara seminar ini yaitu Ricky Zakno (Bintang Iklan) dan Tarisa Putri (Putri Batik Nusantara).

Kedua bintang itu juga membawakan beberapa lagu yang sangat menghibur suasana seminar. Acara seminar kesehatan awam ini diakhiri dengan pemberian doorprise oleh direktur dr Karlina MARS dengan kriteria pemenang lomba photo selfie terbaik, penanya terbaik serta penjawab terbaik. (Ed/kor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Baca Juga

Polresta Dalami Kasus Baku Tembak Begal Vs Polisi di Cikupa

Polres Kota (Polresta) Tangerang masih mendalami senjata api yang digunakan oleh salah satu dari empat ...

madr0s1d.com