Home Berita Bandara Soetta Kuasai 33 Persen Lahan Runway 3

Bandara Soetta Kuasai 33 Persen Lahan Runway 3

0

PT Angkasa Pura (AP) II akan segera membangun landasan pacu atau Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Saat ini, Bandara Soetta memiliki 2 Runway yang melayani 72 pergerakan pesawat per jamnya, baik take-off maupun landing.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, nantinya Bandara Soetta bakal memiliki 3 runway yang dapat melayani 144 pergerakan pesawat per jamnya.

“Dengan 3 runway, pergerakan pesawat kita prediksi mencapai 114 pergerakan pesawat per hours (/jam). Artinya produktivitas bandara menjadi bertambah. Kenapa produktivitas bandara bertambah karena traffic passenger bandara juga bertambah,” kata Awaluddin saat ditemui di kantornya, Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (4/4/2017).

Untuk membangun runway ke tiga, AP II membutuhkan sedikitnya 163 hektare lahan. Sejauh ini lahan yang sudah dibebaskan atau dikuasai mencapai 55 hektare atau sekitar 33 persen dari lahan yang dibutuhkan.

“Lahan runway 3 yang dibutuhkan pembebasan kurang lebih 163 hektare. Posisi hari ini kita sudah memiliki lahan untuk runway 3 (seluas) 55 hektare,” ujarnya.

Kendati ditemui berbagai hambatan di lapangan seperti penolakan harga ganti kerugian, proses pembebasan lahan Runway 3 terus dilakukan. AP II menargetkan proses pembebasan lahan sudah mencapai 80 persen pada Oktober 2017 mendatang. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here