Home Berita Kemenhub Optimistis Terminal 3 Bandara Soetta Layani Penerbangan Internasional 1 Mei

Kemenhub Optimistis Terminal 3 Bandara Soetta Layani Penerbangan Internasional 1 Mei

0
SHARE

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan verifikasi untuk pengoperasian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Hal itu dikatakan oleh Direktur Jenderal Bandar Udara, Yudhi Sari Sitompul.

“Seusai kemarin kunjungan pak Menteri (Menhub) evaluasi, kita harapkan tanggal 1 Mei siap beroperasi domestik dan Internasional tapi untuk Garuda (Indonesia) dulu,” kata Yudhi Sari kepada wartawan di Kantor Angkasa Pura II, Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (4/4/2017).

Menurut mantan Kepala STPI Curug ini, pihaknya terus melakukan verifikasi dan akan berlangsung sampai dengan hari H-1 pengoperasian terminal tersebut.

“Sekarang dari beberapa waktu sampai dengan hari ini, dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara baik dari segi keamanan penerbangan, baik segi bandar udara, terus melakukan verifikasi,” ujar Yudhi Sari.

Dikatakannya, sebelum dioperasikan pada tanggal 1 Mei akan dilakukan simulasi-simulasi untuk memastikan kesiapan Terminal tersebut.

“Supaya, ketika tiba tanggal 1 Mei kita bisa operasikan. Syukur-syukur sebelumnya ada (dilakukan) simulasi peralatan, setelah itu simulasi dengan pax (penumpang) dan big simulasi. Hal ini dilakukan menghindari hal-hal yang tidak diharapkan,” katanya.

Sejauh ini, di Terminal 3 Internasional Bandara Soetta pihaknya hanya menemukan kekurangan yang minor.

“Kekurangan yang sifatnya mandatory, kecil-kecil saja, saat ini sedang diperbaiki,” ujarnya.

Ia pun optimis pada tanggal 1 Mei, Terminal 3 yang melayani penerbangan Internasional dapat dioperasikan.

“Kalau 1 Mei saya optimis sekali, karena kita support, setiap hari kita lakukan verifikasi. Tapi untuk 1 Mei baru untuk Garuda Indonesia,” imbuh Yudhi Sari.

Seperti diketahui, PT Angkasa Pura II berencana mengoperasikan Terminal 3 Bandara Soetta untuk melayani penerbangan Internasional Garuda Indonesia pada tanggal 1 Mei 2017. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here