Beranda Berita Kedapatan Bawa Hasis, WN Mesir Diamankan di Bandara Soetta

Kedapatan Bawa Hasis, WN Mesir Diamankan di Bandara Soetta

0

Tim gabungan Operasi Lionfish ASEAN 2017 menggagalkan penyelundupan 2,2 gram Hasis yang disembunyikan dalam lintingan rokok oleh seorang pria berkewarganegaraan Mesir berinisial MT.

MT diamankan petugas gabungan yang terdiri dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Interpol, Polri, Bea Cukai, Imigrasi, dan Aviation Security di Bandara Internasional Soekaro-Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat (12/5) lalu.

Diketahui, Hasis merupakan narkotika hasil olahan dari daun dan pohon ganja yang kemudian dipadatkan.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Soetta, Erwin Situmorang mengatakan, pelaku diamankan setibanya di Terminal 2D Bandara Soetta setelah terbang dari Guangzhou, China.

“Saat dilakukan pemeriksaan, petugas curiga dengan lintingan rokok dan padatan berwarna hitam kehijauan terbungkus kertas aluminium dan dimasukkan ke dalam kemasan rokok,” ujar Erwin kepada wartawan di Terminal 2D Bandara Soetta, Rabu (24/5/2017).

Dari hasil identifikasi petugas, ternyata lintingan tersebut merupakan Hasis yang masuk dalam narkotika golongan 1.

“Dari pengakuan tersangka, ia hanya menjadi kurir yang diperintah oleh seorang bandar asal China. Setibanya di Indonesia barang tersebut akan diberikan kepada orang lain sesuai perintah bandar,” ungkap Erwin.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari mengatakan, pengungkapan ini merupakan hasil operasi LIONFISH ASEAN 2017 yang dilaksanakan kurang lebih 2 minggu di Bandara Soetta.

“Operasi ini untuk memutus jaringan narkoba dari luar negeri ke Indonesia. Dan dilaksanakan di Bandara Soetta ini,” kata Arman.

Pelaku pun diserahkan kepada Polresta Bandara Soetta untuk dilakukan pengembangan guna penyelidikan lebih lanjut.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 112 ayat 2, Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup dan maksimal hukuman mati.(Rmt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini