Beranda Berita Pagelaran Pertempuran Lengkong Warnai Upacara HUT ke-72 RI di Lapangan Cilenggang

Pagelaran Pertempuran Lengkong Warnai Upacara HUT ke-72 RI di Lapangan Cilenggang

0

Upacara Bendera Merah Putih memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Celenggang, Serpong, Kamis (17/8/2017), yang digelar Pemkot Tangsel dimeriahkan pagelaran “Pertempuran Lengkong”.

Pagelaran tersebut menggambarkan situasi pertempuran heroik yang terjadi di Lengkong, Serpong, pada 25 Januari 1946 lalu. Tentara Indonesia melawan pasukan Jepang dengan gagah berani dipimpin Mayor Daan Mogot hingga menorehkan pengorbanan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Para pelakon dalam pagelaran selama 30 menit itu, di antaranya dari Satpol PP dan Kodim TNI 05/06. Selain itu, pagelaran pertempuran juga melibatkan puluhan Pramuka.

Berbagai adegan pertempuran pun diperlihatkan kepada para peserta upacara, juga tak luput suara rentetan senapan hingga desingan peluru semakin menambah suasana lebih heroik.

Pagelaran “Perang Lengkong” ditampilkan setelah upacara Detik-detik Proklamasi dengan inspektur upacara yaitu Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Dalam kesempatan itu Arin mengatakan, para pahlawan untuk memperjuangkan dan merebut kemerdekaan rela berkorban. Oleh karenanya, diperlukan semangat dalam mengisi hari kemerdekaan ini dengan bekerja keras dalam menjalankan tugas masing-masing.

“Melihat dari sejarah perjuangan untuk memerdekakan bangsa ini penuh dengan perjuangan dan pengorbanan, maka dari itu saya berharap kepada masyarakat untuk menjadikan para pahlawan kita sebagai inspirasi dan motivasi untuk menjaga dan mempertahankan bangsa kita ini,” cetus Airin di hadapan peserta upacara.

Setelah pagelaran Perang Lengkong itu, Walikota memberikan sejumlah penghargaan kepada kepala sekolah, siswa dan OPD Tangsel yang berprestasi.(Ban)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini