Home Berita Layanan Airport Helper di Bandara Soetta Mulai Hari Ini Gratis

Layanan Airport Helper di Bandara Soetta Mulai Hari Ini Gratis

0

Terhitung mulai hari ini, Jumat (1/9), PT Angkasa Pura II (AP II) secara resmi mulai menggratiskan jasa tenaga angkut (porter) yang diubah namanya menjadi airport helper dan pengumpul trolley.

Komitmen untuk menyempurnakan aspek layanan itu untuk mengubah mindset, baik para porter maupun pengguna jasa yang memaksa agar memberikan maupun menerima tip. Dengan begitu diharapkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi bandara berkelas dunia.

“Jadi mindsetnya harus diubah, bukan lagi meminta atau memaksa dibayar, transaksi seperti itu sudah tidak ada lagi, semua gratis. Kami juga mengharapkan dari para pengguna jasa pun tidak memberikan tip lagi,” ujar Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager Bandara Soetta, Jumat (1/9/2017).

Prasetyo menjelaskan, layanan airport helper dan pengumpul trolley tersebut secara resmi per tanggal 1 September 2017 telah berjalan. Dengan begitu, jasa ini tidak hanya tersedia di Terminal 3, tetapi juga di Terminal 1 dan 2.

Ia mengatakan,  karena namanya sudah berubah menjadi airport helper, maka bantuan yang diberikan tidak hanya soal mengangkat barang penumpang, melainkan apa saja selama dalam wewenang airport helper.

“Apapun akan dibantu selama mereka bisa membantu dalam kewenangannya. Namanya juga helper. Tidak dikenakan biaya alias free of charge and no tipping,” ujar Prasetyo.

Jumlah airport helper dan pengumpul trolley total sebanyak 805 orang. Selama ini terdapat tiga vendor yang menyuplai tenaga jasa angkut di area Bandara Soetta.

Dan sejak 1 September 2017, PT Angkasa Pura Solusi yang merupakan anak perusahaan AP II yang mengatur pendapatan dari para porter yang selama ini mengandalkan tip dan target.

“Saat ini telah digaji UMR,” terangnya.

Sementara itu, sejak diberlakukannya layanan ini sejumlah pengguna jasa di Bandara Soetta menyatakan rasa senangnya. Apalagi, para airport helper itu telah dibekali seragam berwana biru yang bagus.

“Saya rasa ide menggratiskan ini bagus sekali, karena membantu penumpang seperti saya yang banyak koper,” ujar Citra, penumpang asal Tangerang yang ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here