Home Berita Jamaah Haji akan Tiba ke Tanah Air, Tak Ada Penjemputan di Bandara...

Jamaah Haji akan Tiba ke Tanah Air, Tak Ada Penjemputan di Bandara Soetta

0

Usai menunaikan ibadah Haji, Jemaah Haji akan kembali ke tanah air. Rencananya, kloter pertama dari Jeddah, Arab Saudi akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Kamis (7/9) dini hari dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA-7561.

Berbeda dengan musim haji sebelumnya, Bandara Soetta menjadi tempat keberangkatan dan kedatangan jemaah haji. Hal ini dikarenakan landasan pacu (Runway) Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta yang menjadi bandara pelayanan haji masih dalam proses pemeliharaan.

Kendati demikian, Bandara Soetta hanya sebagai tempat pemeriksaan Custom, Immigration dan Quarantine (CIQ) terhadap para jamaah haji. Mulai dari pemeriksaan barang bawaan, stamp paspor hingga pemeriksaan kesehatan.

Senior Manager Airport Service Bandara Soetta, Sugeng Haryadi mengatakan, dalam rangka kepulangan jamaah haji di Bandara Soetta tidak ada pelayanan seperti di Bandara Halim PK seperti pada musim haji sebelumnya.

“Pelayanan disini (Soetta) tidak seperti pelayanan di Bandara Halim. Setelah turun dari pesawat, para masuk terminal hanya untuk stamp paspor dan pemeriksaan kesehatan saja,” kata Sugeng kepada TangerangOnline.id di kantornya, Rabu (6/9/2017).

Setelah selesai stamp paspor dan pemeriksaan kesehatan, para jamaah haji akan dibawa langsung menggunakan bus menuju asrama haji.

“Tidak ada penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta, semuanya di asrama haji, Pondok Gede. Kecuali yang penerbangannya transit, itupun tidak keluar terminal,” ujar Sugeng.

Terpisah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta, dr. Susanto mengatakan, untuk pelayanan kesehatan para jamaah haji yang akan tiba di tanah air disiapkan alat pendeteksi suhu tubuh (Thermoscan) dan petugas kesehatan di Terminal kedatangan.

“Disiapkan alat Thermoscan, rencana 2 unit dan infra red thermometer 6 sampai 12 unit,” kata Susanto.

Selain itu puluhan petugas kesehatan dari KKP juga disiagakan di terminal kedatangan jamaah. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here