Home Berita Sepasang Giant Panda dari China Tiba di Bandara Soetta

Sepasang Giant Panda dari China Tiba di Bandara Soetta

0

Sepasang Giant Panda berusia 7 tahun yang diberi nama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Kamis (28/9). Kedua panda tersebut diterbangkan dari China menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 887.

Kedua panda tersebut merupakan hadiah persahabatan dari Presiden China Xi Ping kepada mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai tanda persahabatan bilateral yang erat antara Negara Republik Indonesia dan Negara Republik Rakyat Tiongkok.

Negara Indonesia merupakan negara ke-16 dan negara ke 4 di Asia Tenggara yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan (breeding loan) Giant Pandas.

Taman Safari Indonesia, sebagai lembaga konservasi terbaik dan terlengkap di Indonesia, dipercaya oleh pemerintahan Negara Republik Indonesia dan pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok untuk menjadi taman konservasi yang menyambut, merawat, dan melestarikan kelangsungan hidup dan kesejahteraan dua ekor panda tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya mengatakan,  kedatangan kedua panda yang  bernama Cai Tao yang berarti Colorful Porcelain (porselen indah) dan panda betina bernama Hu Chun yang artinya Spring Lake (danau musim semi).

“Dia (Hu Chun) si cantik dari alam yang ada. Sementara yang jantan bisa disebut pemuda tampan,” kata Siti di Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (28/9/2017).

Dengan kedatangan sepasang panda tersebut lanjut Siti, merupakan simbol kerjasama antara pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan Pemerintah Republik Indonesia terjalin cukup baik.

“Ini juga merupakan satu kehormatan, RRT memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk pengembangbiakan Panda di Indonesia. Kedua panda tersebut akan dipelihara dan dirawat di Taman Safari Indonesia, Jawa Barat” ujarnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here