Home Berita Bupati Purwakarta ke Bandara Soetta Jemput Warganya Yang Kecelakaan di Arab Saudi

Bupati Purwakarta ke Bandara Soetta Jemput Warganya Yang Kecelakaan di Arab Saudi

0

Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi membantu dan membiayai kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Purwakarta. Ialah Irwanto Samin Apan (45), seorang TKI yang mengalami kecelakaan kerja di Jeddah, Arab Saudi.

Irwanto dipulangkan ke tanah air bersama dengan istrinya Al Rosmi Ibnu Idris (52) yang juga merupakan TKW di Arab Saudi. Mereka tiba di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Selasa (21/11) menggunakan pesawat Saudia Airlines SV-816.

Bahkan, pasangan suami istri ini dijemput langsung oleh Bupati Dedy ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soetta sebelum dibawa pulang ke kampung halamannya.

“Yang pertama izin tinggalnya sudah habis. Dan suaminya (Irwanto) tertimpa beton sehingga kedua kakinya patah,” kata Bupati Dedy kepada wartawan di KKP Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (21/11/2017).

Untuk memulangkan warga Desa Cibinong, Kecamatan Jatiluhur Kab. Purwakarta, Jawa Barat itu, Bupati Dedy mengirimkan tim ke Arab Saudi. Bahkan untuk memulangkan Irwanto, Bupati mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 120 juta.

“Kemudian diperlukan biaya kurang lebih 120 juta untuk pemulangan dia, mulai dari biaya tiket pesawat, perawatan dan sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Kang Dedy ini.

Selama tinggal di Arab Saudi, Irwanto bersama istrinya tinggal di rumah kontrakan setelah istrinya menjadi TKI kaburan (ilegal) karena tidak memiliki tempat kerja yang tetap.

Bermula dari informasi yang diperoleh Bupati, bahwa terdapat warganya yang mengalami kecelakaan kerja di Arab Saudi dan membutuhkan biaya pengobatan juga biaya kepulangan ke tanah air. Tidak butuh waktu lama, Bupati langsung berkoordinasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jeddah dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI.

“Setelah mendapat informasi, saya waktu itu minta waktu selama satu minggu untuk memproses keuangannya dan akhirnya bekerjasama dengan KJRI dan dibantu dengan BNP2TKI (sehingga) bisa pulang ke Indonesia,” ucapnya.

Pemulangan Irwanto dengan istrinya merupakan yang ke 6 warga Purwakarta yang pemulangannya dibantu langsung oleh Bupati Dedy. Dua diantaranya adalah jenazah.

“Kita dalam tahun ini sudah mengembalikan 6 dari Saudi Arabia, kita kembalikan 2 mayat, kemudian mengembalikan dua orang yang sakit, dan sekarang mengembalikan kembali satu keluarga yang sakit,” ungkapnya.

Menurut Dedy, pemulangan TKI asal Purwakarta yang mengalami musibah ataupun terlantar di negara orang merupakan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Purwakarta.

“Yang penting Pemerintah Kabupaten (Purwakarta) memiliki tanggung jawab terhadap warganya di manapun berada, ngga boleh ada orang Purwakarta yang sengsara di luar negeri,” tandasnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here