Home Berita Dinkes Tindak Lanjuti Dugaan Kelalaian Rujukan Hingga Meninggalnya Pasien RS

Dinkes Tindak Lanjuti Dugaan Kelalaian Rujukan Hingga Meninggalnya Pasien RS

0

Dugaan kelalaian rujukan yang dilakukan sebuah rumah sakit (RS) di Perumahan Pondok Makmur, Kelurahan Kuta Baru, Kacamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang akan secepatnya ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Bagian Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang dr Chorah mengatakan, dirinya mendengar kabar berita tersebut. Dinkes akan menindak lanjuti permasalahan dugaan kelalain rujukan yang menyebabkan meninggalnya pasien.

“Kita secepatnya akan memanggil pihak RS yang bersangkutan untuk menindak lanjuti permasalahan ini,” katanya kepada tangerangonline.id saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (7/12/2017).

Namun, ia sangat menyayangkan saat melakukan rujukan terhadap pasien dalam kondisi yang emergency pihak RS tidak melakukan komunikasi dengan RS yang akan dirujuk tersebut.

“Seharusnya pihak RS melakukan komunikasi terlebih dahulu dalam mekanisme rujukan, komunikasi tersebut untuk memastikan kesiapan RS yang dirujuk dalan segi peralatan dan yang lain yang dibutuhkan oleh pasien yang dirujuk,” terangnya.

Dugaan kelalaian rujukan yang telah dilakukan oleh salah satu RS yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang ini, menjadi pelajaran pihak Dinkes. “Perihal ini menjadi pelajar buat kami kedepannya,” tutup dr Chorah.

Diberitakan sebelumnya, seorang anak didiagnosa oleh pihak RS mengalami gangguan gejala pernapasan, lalu pihak RS meminta dirinya untuk mencari rujukan RS lain untuk memberikan penanganan lebih lanjut dikarenakan RS tersebut tidak mempunyai alat atau fasilitas yang lengkap dalam menangani gejala pernapasan terhadap balita atau anak yang baru lahir.

Keluarga pasien mendapatkan RS yang bisa menangani gejala pernapasan. Namun RS mengatakan bahwa mereka sudah memesan RS untuk rujukan anaknya.

Sesampainya di RS rujukan, disebutkan pihaknya tidak mempunyai alat yang memadai untuk menangani gejala pernapasan yang menimpa anaknya tersebut. (Yan)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here