Home Berita Kereta Bandara Soetta Mulai Layani Penumpang Umum

Kereta Bandara Soetta Mulai Layani Penumpang Umum

0

Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai melayani penumpang umum. Kereta perdana yang melayani penumpang tiba di Stasiun Bandara Soetta pukul 04.48 WIB, Selasa (26/12).

Moda transportasi teranyar yang berangkat dari Stasiun BNI City atau Sudirman Baru, Jakarta itu langsung disambut oleh Dirut PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin.

“Hari ini perdana atau pertama kali (soft launching) mengangkut para pengguna jasa bandara dengan berbayar,” kata Awalludin saat ditemui di Stasiun Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (26/12/2017) pagi.

Menurut Awaluddin, pihaknya sudah melakukan persiapan 100 persen dalam pelayanan pengguna jasa bandara tersebut. Mulai dari fasilitas Stasiun Bandara dan juga sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

“Kita sudah melakukan persiapan, stasiun Bandara Soetta sudah beroperasi 100 persen dan sudah siap menerima kedatangan penumpang,” ujarnya.

Awaluddin menjelaskan, dalam satu rangkaian kereta ini memiliki enam gerbong. Dengan total kapasitas sebanyak 270 orang penumpang.

“Penumpang kereta ini akan terkoneksi dengan Terminal 1, 2 dan 3 tentunya menggunakan skytrain. Dimana shelter skytrain sudah terhubung langsung dengan Stasiun Bandara Soetta,” jelasnya.

Adapun tarif kereta Bandara Soetta ini ditetapkan sebesar Rp 30 ribu (harga promo/soft launching). Harga tersebut berlaku hingga 1 Januari 2018. Mulai tanggal 2 Januari 2018, tarif kereta akan menjadi Rp 70 ribu.

“Tarif normalnya Rp 70 ribu rupiah sekali perjalanan. Dalam periode uji coba berbayar (soft launching) ini, berangkatnya dari stasiun Sudirman Baru. Kemudian akan beroperasi selama 20 jam setiap hari dengan 42 perjalanan kereta,” kata Awaluddin.

Untuk pemberhentian kereta selama dalam masa uji coba berbayar ini baru melayani 3 titik yakni, Stasiun BNI City, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soetta.

Pantauan tangerangonline.id, pada kedatangan kereta perdana, para penumpang pun diberikan rangkaian kalung bunga oleh jajaran Direksi AP II.

Ada sekitar lima penumpang yang menikmati pelayanan perdana uji coba berbayar ini. Salah satunya Maulana (27).

“Saya sangat terkesan dengan kereta Bandara Soekarno-Hatta ini. Mulai pembelian tiket yang langsung cashless (non tunai), fasilitas di dalam kereta juga sangat nyaman,” ujar Maulana. (Rmt)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here