Home Berita Mahasiswa Teknik Elektro PKM di Cidokom

Mahasiswa Teknik Elektro PKM di Cidokom

0

Mahasiswa semester 5 Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Universitas Pamulang (Unpam) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memasang sejumlah lampu penerangan jalan di beberapa Gang perkampungan di Wilayah Desa Cidokom, Parung, Kabupaten Bogor.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mahasiswa yang merupakan salah satu program unggulan Universitas Pamulang (Unpam) yang dijalankan setiap semester oleh mahasiswa Unpam FakultasTeknik Elektro.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk menginplementasikan ilmu pengetahuan mahasiswa yang didapat selama dalam belajar di Perguruan Tinggi dan sekaligus sebagai bentuk kepeduli kepada masyarakat, terutama dibidang kelistrikan,” jelas Luki Utomo, Ketua PKM Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Unpam.

Ketua RT 04/RW 01, Abdul Rosid membenarkan bahwa lingkungan tersebut sebelumnya memang gelap, karena minimnya lampu penarang jalan.

“Iya, di lingkungan kita memang gelap dan minim lampu penerang jalan. Dengan ada program dari mahasiswa Unpam  ini kami sangat terbantu dan bersyukur sekali dan kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada mahasiswa UNPAM yang telah peduli terhadap lingkungan, dan nanti saya akan memberitahukan kepada warga agar menjaga lampu tersebut seperti menyalahkan dan mematikannya, ” ucap Abdul Rosid.

Lanjut Luki, sebelum menentukan titik tempat memasangkan lampu, mahasiswa melakukan surve terlebih dahulu dimalam hari untuk melihat gang-gang mana saja yang belum ada lampu penerangan di suatu daerah tersebut dan memastikan juga dengan adanya keluhan keluhan warga setempat.

Untuk di wilayah Cidokom  RT/RW ini ada 9 titik yang akan dipasangkan lampu penerang jalan dan Jenis lampu yang dipasangkan tergantung tingkat kegelapan lokasi tersebut.

“Ada Lampu Hanochs 8 Unit  45Watt dan Lampu LED Hamatsu 1 Unit 50Watt dan jumlah mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan ini sebanyak 20 mahasiswa. Diharapkan dengan adanya lampu penerang jalan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan aktivitas masyarakat setempat dimalam hari bisa terbantu,” tambah Lucky selaku Dosen Fakultas Teknik di Unpam.

Salah satu Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Unpam Junjun yang berperan serta dalam memadangkan lampu penerang tersebut mengatakan, setelah selesai kegiatan pemasangan lampu penarang jalan Ia dan teman temannya akan melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu mensosialisasikan cara menginstalisasi Listrik.

“Selanjutnya setelah usai pemasangan lampu ini kitaakan mensosialisasikan cara menginstalisasi listrik yang baik dan benar kepada masyarakat disini karena rata rata masyarakat belum mengetahui hal tersebut bahkan salah satu dari mereka ada yang mengaku ketika terjadi konslit takut untuk memperbaikinya,” jelasnya.(Ban)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here