Home Berita Karantina Pertanian Bandara Soetta Perketat Pengawasan Ekspor Manggis

Karantina Pertanian Bandara Soetta Perketat Pengawasan Ekspor Manggis

0

Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) meningkatkan pengawasan terhadap proses packaging (pengemasan) buah Manggis yang akan diekspor langsung ke Tiongkok. Mulai dari tahap pencucian hingga pengemasan diawasi oleh petugas.

Kepala Bidang Karantina Tumbuhan BBKP Bandara Soetta, Maman Suparman mengatakan, pihaknya melakukan pembinaan sekaligus pengawasan langsung terhadap eksportir atau packing house agar memenuhi syarat untuk diekspor.

“Kita melakukan pembinaan sekaligus pengawasan, sehingga buah yang dikemas oleh packing house ini betul-betul buah yang sesuai dengan protokol dan layak untuk diekspor ke Tiongkok,” kata Maman saat ditemui di Gudang PT Agung Mustika Selaras, Dadap, Kosambi, Kabupaten Tangerang, Senin (22/1/2018).

Petugas BBKP Bandara Soetta memeriksa satu persatu buah manggis yang sudah melalui tahap pencucian sampai quality control sebelum dilakukan pengemasan.

“Kami melakukan pengawasan dan melakukan pemeriksaan setelah melalui tahap pencucian kemudian penyemprotan dengan angin bertekanan tinggi sampai pembersihan lanjutan. Buah manggis ini diperiksa satu persatu,” ujar Maman.

Apabila dalam pemeriksaan petugas BBKP masih ditemukan serangga ataupun telur serangga di bagian kelopak buah manggis tersebut, akan dikembalikan ke tahap awal yakni pencucian hingga quality control.

Bahkan dalam pemeriksaan buah manggis tersebut, petugas menggunakan alat yang bisa dibilang canggih yakni microskop portable yang tersambung ke komputer. Tidak ada buah manggis yang lolos dari pemeriksaan alat ini.

“Pemeriksaan terakhir sebelum dikemas kami melakukan pemeriksaan menggunakan microskop portable untuk memastikan tidak terdapat serangga atau organisme pengganggu,” kata Maman. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here