Home Berita Ada Tanah Warga di Rawa Rengas Dicatat Sebagai Aset Pemkab Tangerang?

Ada Tanah Warga di Rawa Rengas Dicatat Sebagai Aset Pemkab Tangerang?

0

Sedikitnya 6.000 meter persegi lahan milik warga desa Rawa Rengas, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang diklaim sebagai aset milik Pemkab Tangerang. Lahan yang dimaksud adalah tanah yang diatasnya terdapat konstruksi jalan.

Hal ini menjadi salah satu kendala proses pembebasan tanah untuk keperluan pembangunan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang terdampak di Desa Rawa Rengas.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang, Himsar membenarkan hal tersebut.

“Masih dibahas di Pemkab Tangerang. Belum ada hasilnya. Masih dalam proses pembahasan,” kata Himsar kepada tangerangonline.id di Kantor Kosambi, Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (25/1/2018).

Sebelumnya, Kepala Desa Rawa Rengas, Ingkil mengatakan, pada saat dilakukan pelebaran jalan untuk memperluas akses warga dilakukan pengerasan, warga setempat secara sukarela memberikan tanah miliknya untuk dijadikan jalan, namun sebatas pinjam pakai dengan rincian kurang lebih 2 x 3.000 meter.

Lahan seluas 6.000 meter persegi milik masyarakat yang diatasnya terdapat konstruksi jalan tersebut sudah dicatat sebagai aset oleh Pemkab Tangerang.

“Tanah warga yang dilewati konstruksi jalan (paving block, pengerasan dengan beton) hanya sebatas pinjam pakai. Namun lahan warga tersebut dicatat oleh Pemkab Tangerang sebagai aset,” ujar Ingkil

Ia pun mengaku akan berupaya agar tanah yang notabenenya adalah hak masyarakat agar dapat dikembalikan kepada masyarakat.

“Kami dari pemerintahan desa meminta agar ganti kerugian lahan yang dimaksud diberikan kepada warga, karena mereka yang berhak,” ujar Ingkil.

Pihaknya kini tengah menunggu hasil dan keputusan dari pembahasan lahan warga yang dicatatkan sebagai aset Pemkab Tangerang tersebut. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here