Beranda Berita Tiga Calo KTP-el Ditangkap Tim Saber Pungli, Ini Penjelasan Kadisdukcapil

Tiga Calo KTP-el Ditangkap Tim Saber Pungli, Ini Penjelasan Kadisdukcapil

0

Kepala Dinas Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, Syafrudin membenarkan adanya penangkapan yang dilakukan oleh tim Saber Pungli di areal ruang lingkup kerjanya pada Rabu (28/2/2018) kemarin.

Meski membenarkan adanya informasi penangkapan calo KTPel tersebut, sejauh ini dirinya belum mendapat laporan secara rinci siapa saja yang terlibat. Sementara pihaknya selalu mewanti-wanti kepada setkap pegawai untuk tidak melakukan pungutan apapun.

“Ya saya sendiri baru mendapat laporan pagi tadi, tapi secara rinci saya belum dapat data siapa saja yang ditangkap. Jika ada pegawai yang terlibat, saya serahkan saja prosesnya kepada penegak hukum,” ujar Syafrudin saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (1/3/2018).

Menurutnya tidak ada toleransi bagi siapa saja yang melakukan pungli harus ditindak. Sebab, pemerintah sedang memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, terutama pelayanan bidang kependudukan.

Ia berharap, kasus tertangkapnya calo KTP-el ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk tidak melakukan pungli. “Kita akan terus memantau kemana saja mereka setor. Kami juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun tangerangonline.id di lokasi, ketiga calo berinisial M, I dan A yang merupakan warga Tigaraksa itu diciduk tim saber pungli sekitar pukul 13.30 WIB, Rabu (28/2/2018). Ketiga calo itu ditangkap saat membawa berkas pemohon KTP-el di tempat berbeda. Ada yang di tangkap di halaman parkir ada juga yang ditangkap di ruang loby Gedung Usaha Daerah Puspemkab Tangerang.

Ketiga calo tersebut biasa menyetor uang ke salah satu pegawai magang Disdukcapil berinisial I. Jumlah uang yang disetor rata-rata sekitar Rp 1.000.000 setiap calo dalam satu minggu. Tidak menutup kemungkinan, polisi juga masih mendalami siapa saja pegawai dan pejabat yang terlibat dalam aksi pungutan liar pada Disdukcapil ini. (Yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini