Home Berita Basarnas Jajaki Pembangunan Pos Siaga di Gunungkidul dan Sleman

Basarnas Jajaki Pembangunan Pos Siaga di Gunungkidul dan Sleman

0

Kepala Badan SAR Nasional (Kabasarnas) Marsdya TNI M Syaugi, mengatakan, Basarnas akan melakukan penjajakan kemungkinan didirikannya Pos Siaga di Gunung Kidul dan Sleman, Yogyakarta.

Hal itu, kata Syaugi, penting dilakukan, karena keberadaan Kantor Basarnas Yogyakarta dan Pos Siaga Congot Kulonprogo belum bisa mengcover semua wilayah.

” Kita masih memerlukan tempat (Pos Siaga) di daerah Gunungkidul, kemudian di arah utara yang dekat dengan Merapi”, kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya Muhammad Syaugi, Jumat malam (3/3/2018), kepada tangerangonline.id.

Menurut Syaugi, untuk merealisasikan keinginan itu, Basarnas saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan pemerintah daerah Yogyakarta. Diharapkan, pemerintah daerah bersedia memberikan tanahnya untuk dimanfaatkan sebagai pos siaga di wilayah Gunungkidul dan Sleman.

“Sekarang kita perlu penjajakan-penjajakan dengan pemerintah daerah, ini untuk kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Dikatakan Syaugi, jika di Gunungkidul dan Sleman terdapat pos siaga, maka upaya Basarnas dalam menolong warga yang membutuhkan pertolongan akan lebih cepat dan lebih meningkat lagi dari yang selama ini dilakukan Basarnas Yogyakarta.

Syaugi melanjutkan, personil Basarnas saat ini kondisinya jauh dari kata ideal. Saat ini, Basarnas baru memiliki 3.400 personil dari jumlah 7.000 personil yang dibutuhkan. Untuk menutupi kekurangan ini Basarnas berupaya mengoptimalkan potensi SAR tidak hanya yang ada di Basarnas, tapi juga di Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, Kementerian/Lembaga, LSM dan masyarakat.

“Jadi mereka semua kita rangkul dan memang menurut undang-undangnya begitu,” kata Syaugi mengakhiri. (MRZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here