Beranda Berita AP II Akan Gunakan Bus Listrik Tekan Polusi di Bandara Soetta

AP II Akan Gunakan Bus Listrik Tekan Polusi di Bandara Soetta

0

PT Angkasa Pura II akan menggunakan mobil listrik dalam melayani pergerakan penumpang atau pengguna jasa di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Hal ini bertujuan untuk menurunkan angka polusi udara di bandara tersibuk di Indonesia itu.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (3/3/2018).

“Untuk menekan polusi, kita akan menggunakan bus zero emision untuk melayani pengguna jasa di Bandara Soekarno-Hatta. Baik di airside maupun di land side atau antar terminal,” ujar Awaluddin.

Saat ini, PT Angkasa Pura II sudah bekerjasama dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang mulai memproduksi bus listrik jenis low deck yang sangat cocok digunakan di Bandara.

“Nanti akan diuji coba di Bandara Soekarno-Hatta. Sekaligus menunggu sertifikasi dan kelaikan daripada bus listrik ini dari Kementerian Perhubungan,” ujar Awaluddin.

Adapun bus listrik buatan MAB yang bernama e-BUS dengan panjang 12 meter ini berkapasitas 60 penumpang.

Bis listrik MAB tersebut nantinya akan diproduksi masal secara mandiri, melibatkan anak-anak terbaik bangsa Indonesia dengan menggunakan komponen Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDM) diatas 45%. Bis ini dirancang untuk beroperasi sebagai transportasi Bandara dan transportasi dalam kota. (Rmt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini