Home Berita Bandara Soetta Waspada Wabah Virus MERS dan Demam Kuning

Bandara Soetta Waspada Wabah Virus MERS dan Demam Kuning

0

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), menerapkan sistem siaga dalam menanggulangi berbagai penyakit menular yang asalnya dari luar negeri. Diantaranya MERS (Middle East Respiratory Syndrom).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala KKP Bandara Soetta dr. Anas Ma’ruf.

“Penyakit yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat contoh sekarang ini yang harus kita waspadai adalah Mers dari Timur Tengah jadi penerbangan darisana kita awasi, sekarang dalam kondisi rutin kita waspadai, banyaknya jemaah umroh yang datang dan pergi,” kata dr. Anas saat ditemui di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (4/4/2018).

Selain Virus MERS, KKP juga mewaspadai demam kuning. Virus ini ditemukan di benua Afrika dan penyebarannya melalui nyamuk.

“Selain itu kita ada lagi mewaspasai demam kuning. Ini virus dari negara Afrika, penyebarannya hampir sama seperti demam berdarah,” ungkap Anas.

Menurut Anas, kewaspadaan terhadap virus demam kuning tidak seperti virus Mers. Hal ini disebut, karena sejauh ini belum ada penerbangan langsung ke Indonesia dari Afrika.

“Namun virus demam kuning ini tidak seperti Mers karena tidak ada penerbangan langsung dari Afrika ke Bandara Soetta. Namun ini tetap harus kita waspadai,” ujarnya. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here