Home Berita Siswa SMAN 2 Tangsel dan Gemala Cisadane Tanam Bibit Pohon

Siswa SMAN 2 Tangsel dan Gemala Cisadane Tanam Bibit Pohon

0

Puluhan siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan bekerjasama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menanam bibit pohon mahoni di pinggiran Sungai Cisadane, Kawasan Ecowisata, Kranggan, Setu, Rabu (2/5/2018).

Kegiatan memperingati Hari Bumi Nasional sekaligus Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 oleh pelajar yang sebagian besar tergabung dalam Munpala, organisasi pelajar SMAN 2 Tangsel pecinta lingkungan ini, disambut antusias sejumlah relawan GEMALA Cisadane di lokasi penanaman pohon.

Di tengah prosesi menanam sedikitnya 60 bibit pohon mahoni yang didatangkan dari DLH, para siswa mendapat penjelasan terkait manfaat penanaman pohon untuk kehidupan masyarakat sekitar dan berdiskusi dengan para relawan GEMALA Cisadane yang turut memfasilitasi terselenggaranya kegiatan.

Asep R Orlando, pembina Munpala SMAN 2 Tangsel, mengatakan, kegiatan ini bagian dari aksi peduli lingkungan para guru dan siswa SMAN 2 yang bakal dilaksanakan setiap tahun.

“Salah satunya menanam pohon di sekitar lingkungan sekolah, agar siswa-siswa semakin peduli lingkungan. Kita tidak hanya menggunakan yang ada di alam untuk kebutuhan sehari-hari, tapi kit harus membaharuinya dengan cara menanam pohon kembali, merawatnya hingga nanti bisa mengambil manfaatnya,” kata Asep.

Sedangkan dipilihnya lokasi penanaman bibit pohon di pinggiran Cisadane, Asep menyebutkan bahwa penting menggerakkan kesadaran bersama untuk memperkuat pinggiran kali dan melestarikannya.

Ajat, relawan GEMALA Cisadane menyambut positif kegiatan siswa SMAN 2 tersebut. Hal ini menunjukkan sudah mulai banyak kalangan masyarakat peduli terhadap lingkungan.

“Peduli Cisadane itu mencakup dari Bogor, Tangerang Kabupaten, Tangsel, Kota Tangerang serta tidak sebatas daerah aliran sungai saja, tetapi lingkungan ekosistemnya, sosialnya, perekonomiannya. Ini yang perlu terus menjadi kesadaran,” tutur pria yang aktif di Koporasi Tata Boga ini.

Dalam kesempatan itu hadir sejumlah pengurus GEMALA Cisadane, di antaranya yaitu Darmansyah, Gery Purwanto dan Syarif. (Kor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here