Home Berita Lion Air Klaim tak Menjual Tiket Mudik Lebaran Melebihi Tarif Batas Atas

Lion Air Klaim tak Menjual Tiket Mudik Lebaran Melebihi Tarif Batas Atas

0

Harga tiket pesawat ke berbagai tujuan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mengalami kenaikan. Beberapa rute bahkan mengalami kenaikan yang cukup tinggi pada musim mudik lebaran tahun ini.

Misalnya, tiket pesawat rute Jakarta – Medan yang pada hari biasa atau bukan peak season dapat dibeli mulai dari harga Rp. 650 ribu atau harga termurah.

Saat ini, dilihat dari salah satu situs tiket online, harga tiket termurah dengan rute yang sama ada di harga Rp 1,65 juta. Atau dengan kata lain mengalami kenaikan mencapai kurang lebih 150 persen.

Tingginya harga tiket pada musim mudik lebaran kali ini, maskapai Lion Air mengklaim tidak menjual tiket pesawat diatas ketentuan atau tarif batas atas.

“Lion Air Group telah menentukan berdasarkan hasil analisis pasar untuk rute terbaik yang memiliki permintaan tinggi, frekuensi penerbangan, jam operasional bandar udara keberangkatan maupun tujuan serta tidak menjual tarif tiket pesawat di atas ketentuan, yaitu tarif batas atas,” kata President and CEO Lion Air Group, Edward Sirait, Kamis (7/6/2018).

Diberitakan sebelumnya, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Bandara Soetta, Bagus Sunjoyo mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan ada maskapai yang menetapkan harga tiket pesawat melebihi tarif atas yang ditentuka.

“Pengawasan kami khusus di Bandara Soekarno-Hatta sejauh ini tidak ada yang memainkan harga tiket dan masih dalam batas wajar. Tidak lebih dari batas atas,” kata Bagus.

Lebih lanjut ia menjelaskan, yang mengatur acuan batas atas harga tiket pesawat ada di Kementerian Perhubungan.

“Aturannya ada di pusat (Kemenhub),” ujarnya.

Seperti diketahui, pihak Kementerian Perhubungan akan melakukan sanksi bila terdapat maskapai yang memainkan harga tiket pesawat pada musim mudik kali ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, pihaknya akan membatalkan penerbangan bila terdapat kecurangan harga tiket. (Rmt)