Home Berita Kuda Asian Games Asal Uni Eropa Bisa Masuk Indonesia Tanpa Melalui Karantina

Kuda Asian Games Asal Uni Eropa Bisa Masuk Indonesia Tanpa Melalui Karantina

0

Kuda yang didatangkan dari negara-negara Uni Eropa atau Europe Union (EU) Country untuk digunakan dalam olah raga cabang Berkuda pada Asian Games 2018 bisa masuk Indonesia tanpa melalui karantina.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Equestrian Internasional Consultan Pulo Mas Jaya Development, Rafiq Hakim Radinal.

“Kuda dari uni eropa sudah bisa masuk tanpa melewati karantina lagi dan negera yang sudah approved (disetujui) oleh EU dia bisa langsung masuk Indonesia,” kata Rafiq saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (7/6/2018) malam.

Rafiq mengatakan, kuda yang harus melalui karantina adalah Kuda dari Indonesia dan yang berasal dari negara diluar Uni Eropa.

“Sedangkan yang harus melalui karantina itu kuda dari Indonesia dan kuda yang non EU country,” ujarnya.

Menurut Rafiq, saat ini tempat penampungan dan tempat berlatih Kuda dengan luas 12,5 hektare yang terletak di Cinere, Depok, Jawa Barat itu sudah siap digunakan.

“Kita menyiapkan sarana, baik petugas dari karantina seperti tadi kita hanya sarananya saja. Luas sarana 12,5 hektare dan yang dipakai untuk karantina 5,5 hektare. Kuda bisa berlatih bebas,” ujarnya.

Pihaknya kini tengah menunggu kedatangan kuda untuk cabang olah raga berkuda dari negara peserta Asian Games tersebut.

“Sudah disurvei dan dibuat, sekarang kita tinggal tunggu kapan jadwal kedatangan kuda tersebut. Biasanya ada yang 21 hari sebelum hari masuk kepada venue ada yang 30 hari. Tapi memang biasanya dua minggu karena diambil tujuh atau lima hari kerja,” jelasnya.

Seperti diketahui, pesta olah raga yang dihelat setiap empat tahun sekali ini akan dihelat di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus – 2 September 2018. (Rmt)