Home Berita Dukungan Pelatihan Digital Marketing Dinas Kominfo Bagi UMKM Kota Tangerang

Dukungan Pelatihan Digital Marketing Dinas Kominfo Bagi UMKM Kota Tangerang

0

Dalam pameran Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan digelar 18 – 22 Oktober 2018, di Lapangan Green Lake City, Cipondoh, Kota Tangerang. Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang (Kominfo), mengusung tema Digital Marketing.

Mengapa? Di era Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini, digital marketing adalah salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa dilewatkan oleh para pelaku UMKM. Ketika semua hal sudah dikaitkan dan dapat diakses secara online, pelaku UMKM diharapkan dapat mengambil peluang dan mampu menghasilkan pundi keuntungan lewat dunia maya.

Oleh karena itu, Dinas Kominfo Kota Tangerang, melalui Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik, terus berupaya menghadirkan solusi dan inovasi disetiap kegiatannya. Diantaranya dengan memberikan pelatihan, pendampingan hingga promosi via marketplace kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)/Komunitas UMKM yang ada di Kota Tangerang.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri, menuturkan, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup masyarakat khususnya bagi KIM, tentu diperlukan kerjasama dan dukungan semua elemen masyarakat.

Seperti pada perhelatan pameran Harkopnas nanti, Dinas Kominfo turut menghadirkan KIM UMKM yang berada di bawah binaan kami (Rumah KIM), yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan. Di mana mereka akan menampilkan berbagai produk beserta media-media promosi yang telah mereka miliki dari hasil pelatihan dan pendampingan.

Menurut Syamsul, keberadaan KIM UMKM tentu perlu kita dukung. Diantaranya dengan memberikan dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap manfaat TIK dalam dunia usaha. “Alhamdulilah, dari upaya kami melalui pelatihan digital marketing, berbuah hasil berupa order yang mereka dapatkan via marketplace,” ucapnya seraya menegaskan, namun yang tak kalah penting, bagaimana mampu meningkatkan kualitas kemampuan mereka dalam memanfaatkan TIK secara positif.

Dengan konten yang diberikan dalam pelatihan dan pendampingan, diantaranya pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) sebagai strategi pemasaran online, membuat Google My Business, berniaga dan branding melalui media online dan/atau media sosial, juga dibuatkan template web dan promosi via marketplace.

Pengembangan dan Pemberdayaan KIM melalui Mobile Community

Sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembinaan yang selama ini diberikan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang, melalui Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik, akan melakukan pengembangan berupa pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) melalui Mobile Community.

Apa yang telah didapat dalam pelatihan, tentu akan dapat semakin bermanfaat jika dapat turut diimplementasikan secara nyata di tengah masyarakat. Oleh karena itu, ke depan kami akan semakin melibatkan KIM sebagai pendamping/penyuluh yang turun langsung ke masyarakat yang ada di wilayah Kota Tangerang. Untuk turut berbagi informasi, edukasi serta memberikan pelatihan kepada masyarakat.

Seperti kegiatan yang dilakukan KIM bersama warga di Kelurahan Keroncong, pada minggu (14/10), KIM dari bidang lingkungan, memberikan pelatihan terkait cara bertanam Hydroponik berbasis pelibatan masyarakat dengan menggunakan barang bekas sebagai media tanam. Yang turut didukung bidang lainnya, seperti bidang ekonomi dan teknologi informasi dan komunikasi, yang berada dalam Rumah KIM Kota Tangerang binaan Dinas Kominfo Tangerang.

Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Syamsul Bahri, menyampaikan, KIM merupakan jembatan antara masyarakat dan pemerintah dalam penyebaran informasi dan penyerapan aspirasi. Di mana mereka dapat berperan dalam memperlancar kontribusi dan distribusi informasi kepada masyarakat.

“Berbagai program pemerintah harus tersampaikan dengan baik cepat dan tepat kepada masyarakat, agar pemerintah dan masyarakat dapat bersinergi untuk bersama membangun Kota Tangerang,” ujar Syamsul.

Oleh karena itu, dengan semakin diberdayakannya KIM, dirinya berharap dapat turut meningkatkan kemampuan KIM maupun masyarakat sehingga dapat turut berdampak pada peningkatan kualitas hidup mereka. (ADV)