Home Berita DPU Tangsel Mulai Bangun Crossing Saluran Tandon Nusa Loka

DPU Tangsel Mulai Bangun Crossing Saluran Tandon Nusa Loka

0

Tahap proyek pembangunan Tandon Nusa Loka tampak semakin rampung. Kini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel mulai membangun crossing saluran air Tandon Nusa Loka di Jalan Ciater Raya. Rencananya pembangunan tersebut  dimulai pada Jumat (9/11/2018) malam ini.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Aries Kurniawan mengatakan dalam jumpa press, pembanggunan  crossing saluran merupakan kelanjutan dari tahap akhir pembangunan Tandon Nusa Loka.

“Malam ini dimulai pekerjaannya hingga paling lambat 3 minggu. Pembangunan ini merupakan tahap akhir dari pembangunan Tandon Nusa Loka,” kata Aries saat jumpa press di salah satu resto di BSD-Serpong, Jumat (9/11/2018).

Ia mengungkapkan, pembangunan ini merupakan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dimana, setiap tahunnya pemerintah  membangun satu tandon di Kota Tangsel.

“Tandon saat ini yang masih dan telah dibangun, Tandon Ciater, Jaletreng, Jurangmangu Barat, Tandon Nusa Loka,” sebutnya.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU Kota Tangsel, Aji Awan menjelaskan, pembangunan crossing saluran bakal menggunakan box culvert atau gorong-gorong cor berukuran 2×2 meter sepanjang lebar Jalan Ciater Raya.

Ia juga mengatakan pembangunan crossing ini diperkirakan bakal membuat lalu-lintas di Jalan Ciater Raya padat. Pasalnya, jalan itu termasuk jalur strategis yang padat kendaraan. Maka itu, pihaknya telah berkoordinasi instansi terkait untuk penataan lalu-lintas.

“Kita telah berkoordinasi Polsek/Polres, Dishub, PLN. Kita berharap pembangunannya selesai kurang dari 3 minggu,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, Tandon Nusa Loka memiliki luas 4000 meter persegi dengan kedalaman 3 meter. Selain berfungsi sebagai penanganan banjir, nantinya bakal dijadikan destinasi wisata untuk masyarakat. (abi)