Home Bandara Canggihnya Mobil Damkar ‘Foam Tender’ Milik Bandara Soetta

Canggihnya Mobil Damkar ‘Foam Tender’ Milik Bandara Soetta

0

PT Angkasa Pura II (AP II) Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta baru saja menggelar penanggulangan keadaan darurat (PKD) terhadap sebuah pesawat yang mengalami crash pada Kamis (22/11).

Sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan dalam simulasi pertolongan kecelakaan penerbangan tersebut.

Mobil Damkar yang ada di bandara sangat berbeda dengan mobil damkar pada umumnya. Dimana, Mobil Damkar yang ada di Bandara didesaign khusus untuk penanganan kebakaran pesawat dan gedung terminal.

Adapun mobil damkar atau disebut Foam Tender yang dimiliki Bandara Soetta adalah sebanyak 6 unit. Kendaraan ini tergolong canggih, dimana setiap unitnya membawa tiga buah tangki yang berisi bahan pemadam utama yaitu water (air), foam (busa) dan DCP (dry chemical powder) atau pemadam api berupa tepung kimia.

“Tadi kita kerahkan 5 Foam Tender Type 1 dalam simulasi penanggulangan keadaan darurat tadi,” kata Executive General Manager Bandara Soetta, M. Suriawan Wakan, Kamis (22/11/2018).

Setiap armada Foam Tender type 1 ini dapat membawa air sebanyak 12.500 liter, 1.596 liter foam dan 500 kilogram DCP.

Selain itu, Foam Tender type 1 ini juga memiliki Discharge Rate (rata-rata pancaran busa) 5.496 liter per menit.

Jangkauan pancaran ataupun semburan kendaraan ini mencapai 75 sampai dengan 80 meter dengan kapasitas 7.380 liter per menit.

Kemampuan Foam Tender Type 1 ini dapat menangani pesawat terbesar yang dilayani di Bandara Soetta saat ini seperti Boeing 747-400 dan Airbus 777.

Bahkan kendaraan tersebut masuk kategori 10 dan dapat menangani pesawat jenis Airbus A380.

Kelengkapan serta jenis kendaraan Foam Tender ini sesuai dengan Peraturan Dirjen Perhubungan Udara KP. 14 tahun 2015. Bahwa bandara harus dilengkapi kendaraan Foam Tender yang terdiri dari 6 buah tipe dimana masing-masing tipe memiliki perbedaan kapasitas tangki dan pompanya.

Bandara Soetta saat ini memiliki 10 unit Foam Tender yang terdiri dari 6 unit Foam Tender Type I dan 4 unit Foam Tender tipe 2. (Rmt)