Beranda Berita Pembuatan Kartu Identitas Anak Hadir di HUT ke-10 Tangsel, Sehari Cetak 750...

Pembuatan Kartu Identitas Anak Hadir di HUT ke-10 Tangsel, Sehari Cetak 750 Kartu

0

Pelayanan Keliling pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinas Kependukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) hadir di perayaan HUT ke-10 KotaTangerang Selatan (Tangsel) yang yang digelar di Lapangan Sanburt, Serpong.

Heru Sudarmanto selaku Kepala Bidang (Kabid) Disdukcapil Kota Tangsel mengatakan, pada momentum HUT Kota Tangsel ini dalam sehari pihaknya menargetkan mencetak sebanyak 750 anak yang terdiri dari 500 kartu usia 5 tahun ke atas dan 250 yang umurnya dibawah 5 tahun.

“Kita mulainya dari setengah delapan sampai dengan selesai sesuai dengan target kita Untuk tehknisnya berapa lama prosesnya pembuatannya, bagi masyarakat yang mendaftar pagi, sorenya kartunya sudah selesai dicetak dan bisa langsung diambil,” jelas Heru, Sabtu (24/11/2018) sore.

Ia menjelaskan, dalam pembuatan KIA persyaratannya adalah masyarakat harus menyuapkan Fotocopy Kartu Keluarga (KK) yang ditanda tangani Kepala Dinas Disdukcapil, Fotocopy KTP elektronilk kedua orang tua dan fotokopy akte kelahiran anak.

“Tantangannya, kita harus santai karena yang dihadapi adalah anak anak dan kita juga harus sabar melayani mereka, karena banyak yang komplen berbagai alasan seperti keluhan kok lama, kok ini, anu, kita harus sabar menghadapinya, dan keluhan itu disebabkan memang ada beberapa dokumen yang belum memenuhi persyaratan,” ujar Heru.

“Salah satunya adalah KK yang belum ditanda tangani Kadis Disdukcapil, masih tanda tangan camat, dan itu memang tidak bisa kita toleransi,” imbuhnya.

Heru melanjutkan, mengingat KIA merupakan kartu wajib dimiliki semua anak, oleh karena pihanya menghimbau kepada para orangtua, bagi anaknya belum memiliki KIA agar segera membuat KIA.

“Manfaat dari kartu KIA adalah sebagai kartu tanda pengenal, kalau anak hilang dan tidak tau arah pulang, si anak bisa menunjukan kartu KIAnya karena disana ditulus alamat rumah, bukan alamat sekolah, selain itu kita juga sudah bekerja sama dengan vendor seperti Mc Donal’s, Restoran dan Gremedia, dimana kalau mereka sedang makan atau membeli buku akan mendapatkan diskon jika menunjukan KIA,” tambahnya.(Ban)