Home Berita 21 Warga Kota Tangerang Terjangkit DBD

21 Warga Kota Tangerang Terjangkit DBD

0

Pada pancaroba ini tercatat sebanyak 21 warga Kota Tangerang dinyatakan terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, seseorang yang terjangkit DBD karena mengalami pembocoran pembuluh darah akibat virus yang berasal gigitan nyamuk jenis Aedes Aegypti yang menular.

Namun, didalam penyakit DBD tersebut terdapat tiga macam kategori penderita. Pertama, penderita yang disebut tersangka atau masih tahap bergejala. Kemudian penderita demam dengue. Dan terakhir penderita DBD.

“Jadi kita harus bedakan ketiganya. Untuk tersangka jumlahnya tidak dilaporkan. Kalau demam dengue penderitanya 57 orang. Kalau DBD itu tadi 21. Ini data per-Januari 2019,” ujar Liza saat ditemui di kantornya, Kamis (24/01/2019)

Liza menjelaskan, para penderita tersebut menyebar berdasarkan data yang menjalani perawatan di seluruh rumah sakit di Kota Tangerang.

“Nyamuknya yang menebar virus ini sangat berbahaya. Karena nyamuknya itu bisa berulang-ulang, gigit ke sana, gigit ke sini. Jadi yang menular adalah nyamuknya,”

Liza menambahkan, kebanyakan, penderita penyakit DBD berasal dari Kecamatan Benda. Selain itu, angka peningkatan penderita pun terjadi sejak pekan pertama di bulan Januari ini.

“Dan penderitanya bisa dari usia baru lahir sampai usia renta bisa kena,” tukasnya. (Amd)