Home Berita Program Inovasi Desa, Para Kades di Rajeg Diminta Dukung UKM

Program Inovasi Desa, Para Kades di Rajeg Diminta Dukung UKM

0

Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Rajeg, menggelar musyawarah antar desa (MAD) di Aula Kantor Kelurahan Sukatani, Rajeg, Kabupaten Tangerang, Sabtu (26/1/2019).

Musyawarah tersebut bertujuan untuk mendorong Pemerintah desa (Pemdes) dalam mendukung program inovasi desa.

Ketua TPID Kecamatan Rajeg, Rasim Ar mengatakan, inovasi desa merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya mendorong penanggulangan kemiskinan melalui pemanfaatan potensi desa.

“Salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan didesa. Tujuan adanya kerjasama meningkatkan kualitas pemanfaatan dana desa. Memberikan referensi inovasi desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ,” ujar Rasim.

Menurut Rasim, inovasi dalam pembangunan desa juga mutlak diperlukan untuk memajukan desa dengan segala potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada.

“Salah satunya dengan pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan, membantu usaha kecil menengah dan desa akan lebih maju,” paparnya.

Dia juga meminta kepada para kepala desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas demi kesejahteraan masyarakat.

“Semua desa memiliki potensi. Tinggal bagaimana Desa bisa mengelolanya dengan baik,” ujar Rasim.

Lebih lanjut lagi Rasim menjelaskan, dengan adanya inovasi desa maka akan terbuka peluang untuk mengelola segala potensi yang ada untuk kemajuan desa.

“Agar mampu mengelola potensi desa demi meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan rakyat. Warga mampu mengenali dan mampu memanfaatkan teknologi canggih atau cara-cara baru untuk mengatasi masalah perekonomian dengan menggunakan teknologi yang ada di sekitar secara mandiri,” terangnya.

Melalui peningkatan produktivitas pedesaan dengan fokus pada bidang usaha kecil menengah, diharapkan dapat membantu ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjakan, Saumin mewakili para kepala desa mengatakan, pihaknya mendukung program inovasi desa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami akan berkoordinasi dengan para kepala desa agar mendorong program inovasi desa ini, dengan membantu usaha kecil menengah supaya ekonomi warga desa maju dan sejahtera,” tandas Saumin. (sam)