Home Berita Musrembang Tanjakan Tingkatkan Pembangunan Maksimal

Musrembang Tanjakan Tingkatkan Pembangunan Maksimal

0

Pemerintah Desa Tanjakan, Kecamatan Rajeg, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa tahun 2019, acara yang dilaksanakan diaula kantor Desa Tanjakan, Rabu (6/2/2019).

Kepala Desa Tanjakan, Saumin menjelaskan, Musrenbang desa adalah forum musyawarah tahunan para stakeholder desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa tahun anggaran 2019.

Melalui musrenbang Desa Tanjakan, aspirasi masyarakat akan didengarkan untuk peningkatan pembangunan dengan menyesuaikan anggaran desa.

“Tentu ada beberapa kegiatan yang harus diperioritaskan sehingga semua usulan kegiatan tidak semua terakomodir,” kata Saumin.

Namun dari beberapa bagian, pihaknya tetap memprioritaskan sisi pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan, serta sarana prasarana desa.

“Usulan ini yang akan diprioritaskan desa adalah menyangkut sarana dan prasarana dan pemberdayaan UMKM, seperti bibit ikan lele, taman selfie, dan steem motor. Sementara sarana prasarana meliputi jalan dan sarana olahraga. Karena kedua ini merupakan kebutuhan desa,” jelas Saumin.

Dirinya juga berharap kerjasama semua elemen masyarakat, agar ketika pelaksanaan pembangunan tidak ada bermasalah.

Sementara itu Camat Rajeg, Ahmad Patoni mengatakan, Musrembang ini harus digunakan sebaik-baiknya untuk menyampaikan gagasan dan usulan untuk kita realisasikan pada tahun anggaran yang akan datang.

“Ada 15 program melalui APBDDes, yang diprioritaskan yaitu, pembangunan inpratuktur berkelanjutan, pengelolaan sampah dan lingkungan, kemiskinan dan pengangguran, pemukiman berbasis kawasan dan tata kelola pemerintahan,” kata Patoni.

“Harapan kita, dari sekian banyak gagasan dan usulan tersebut dapat dibahas sama-sama agar lebih sempurna dan disepakati untuk dapat direalisasikan guna bermanpaat yang terbaik untuk kemajuan desa,” sambungnya.

Dikatakannya, prioritas pembangunan pada tahun ini adalah sumber daya manusia, pemberdayaan, dan sarana prasarana.

Diantaranya pengelolaan sampah dan lingkungan, kemiskinan dan pengangguran serta pendidikan dan kesehatan.

“Kami ingin kerjasama yang baik dalam melaksanakan 15 program tersebut sesuai anjuran Bupati. Demi kemajuan dan kemakmuran desa, serta Tangerang yang lebih Gemilang,” pungkasnya.(sam)