Home Berita Kejari Tangsel Musnahkan Barang Bukti Tidak Pidana Tahun 2018

Kejari Tangsel Musnahkan Barang Bukti Tidak Pidana Tahun 2018

0

Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Selatan (Kejari Tangsel) memusnahkan berbagai jenis barang bukti tindak pidana sepanjang tahun 2018. Pemusnahan dilakukan di halaman Kantor Kejari Tangsel, Kamis (7/2/2019).

“Hari ini kami melakukan pemusnahan barang bukti tidak pidana umum yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. Jadi barang-barang bukti ini harus dimusnakan, seperti shabu, ganja, soft gun, parang, hanphone dan barang bukti lainnya,” jelas Kepala Kejari Tangsel, Bima Suprayoga saat diwawancarai usai melakukan pemusnahan barang bukti.

Ia menjelaskan, pemusnahanan barang bukti tersebut berdasarkan keputusan pengadilan negeri Tangerang : (sebagaimana terlampir) jo surat perintah kepada Kejari Kota Tangerang Selatan Nomor : Print- 190/O.6.16/Ep,Epp,Euh,3/02/2019, tanggal 6 Februari 2019 yang memerintahkan agar memusnakan barang bukti tindak pidana.

Adapun barang bukti yang dimaksud berupa narkotika yang terdiri dari daun ganja kering dengan berat total keseluruhan 586,80 gram, shabu-shabu sebanyak 1998,21 gram, tembakau Gorilla sebanyak 34,7 gram, pil extasi sebanyak 2108 butir.

Barang bukti lainnya yaitu berupa pakaian, helm, senjata tajam, air soft gun, stik golf, alat komunikasi, timbangan digital, kunci leter T dan barang bukti lainnya dengan total 100 perkara.

“Barang bukti ini perkara kami, tentunya perkara dari kepolisian, Badan Narkotika Nasional BNN maupun instansi penegak hukum lainnya yang sudah disidangkan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan awak media di lokasi, Kejari Tangsel memusnahkan barang bukti tersebut dengan tiga tahap. Pertama mereka memusnahkan barang bukti berupa pil extasi dengan cara diblender sampai menjadi cairan. Setelah itu, mereka memusnakan barang bukti berupa alat-alat bersifat keras seperti senjata api, senjata tajam dan lainnya dengan memotong peralatan tersebut menjadi kecil-kecil sampai tidak dapat lagi digunakan.

Terakhir, mereka melakukan pemusnahan barang bukti dengan cara dibakar, seperti baju, daun ganja, tembakau gorilla, helm, timbangan digital dan lain sebagainya.(Ban)