Home Bandara Percepat Pelayanan Penumpang Pesawat, Personil Bandara Soetta Dibekali Device Digital

Percepat Pelayanan Penumpang Pesawat, Personil Bandara Soetta Dibekali Device Digital

0

Ciptakan pelayanan lebih baik dan cepat terhadap penumpang pesawat, personil pelayanan dan operasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mulai hari ini dilengkapi dengan device digital berupa tablet.

Tablet itu digunakan oleh personil Terminal Services (customer services), Aviation Security, dan Safety, Risk & Quality Control.

PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Soetta menyebut program ini sebagai Digital Officer (with) Digital Device (DODD).

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, program DODD membuat permasalahan yang muncul tiba-tiba di lapangan dapat diselesaikan lebih cepat.

Menurut Awaluddin, penggunaan tablet di tingkat operasional dapat membuat bandara beroperasi lebih efektif dan efisien.

“Dengan dilengkapi tablet, para personil di lapangan akan bekerja lebih cepat untuk menemukan solusi dalam menyelesaikan suatu isu,” ujar Awaluddin di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan, dengan DODD otomatis meningkatkan Millennial Airport Travel Experience (MATE) bagi penumpang pesawat di bandara yang merupakan salah satu program utama korporasi.

“Sekitar 60% penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah generasi milenial. Oleh karena itu, kami juga harus menerapkan standar pelayanan yang tepat bagi milenial. Personil yang dilengkapi gadget, kami yakini dapat menghadirkan Millennial Airport Travel Experience terhadap para penumpang pesawat,” jelasnya.

Adapun tablet atau gadget yang digunakan para personil di bandara dilengkapi dengan seluruh aplikasi pendukung kerja yaitu i-Perform, i-Mate App, Flight Management Module, dan aplikasi lainnya yang dibutuhkan untuk proses operasional.

Aplikasi i-Perform khusus digunakan oleh internal AP II guna mengakses berbagai sektor seperti komersil, keuangan, operasional, serta mengelola aktifitas operasional yang dijalankan oleh grup atau mitra usaha.

Sementara itu aplikasi i-Mate yang merupakan singkatan dari Mobile Airport Travel Experience, dahulu dikenal dengan Indonesia Airport, merupakan aplikasi mobile guna memberikan pengalaman lebih kepada penumpang pesawat dalam melakukan perjalanan dari dan ke bandara-bandara AP II.

Di dalam aplikasi i-Mate, pengunjung bandara atau penumpang pesawat dapat melakukan mobile check-in, melihat jadwal penerbangan, melihat jadwal transportasi publik, mengetahui tenant komersil di bandara, melaporkan kehilangan barang atau tas, hingga memesan kursi bioskop khusus di Terminal 3 Bandara Soetta.

Lalu, Flight Management Module merupakan informasi terkait dengan penerbangan termasuk ketika pesawat berada di bandara.

“Program Digital Officer (with) Digital Device ini tidak hanya diterapkan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, namun di seluruh bandara yang dikelola AP II dengan total device sebanyak 200 unit,” tandas Awaluddin. (Rmt)