Home Bandara Otban Wilayah I Bakal Evaluasi Regulated Agent di Bandara Soetta

Otban Wilayah I Bakal Evaluasi Regulated Agent di Bandara Soetta

0

Penyeludupan benih lobster kembali terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Bahkan penyelundupan kali ini tergolong sangat rapi. Dua buah koper berisi 40.309 benih lobster nyaris lolos dari pemeriksaan petugas.

Oleh karenanya, Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah Bandara Soetta akan mengevaluasi Regulated Agent (RA) yang berada di Bandara Soetta.

“Dengan adanya kejadian ini tentunya kami dari Otban akan mengevaluasi lebih mendalam terhadap kargo terutama RA terlebih ada pengiriman tidak sesuai yang dilaporkan dengan isi yang ada,” kata Herson, Kepala Kantor Otban Wilayah I di Terminal Kargo, Bandara Soetta, Tangerang, Senin (25/2/2019).

Herson menjelaskan, pihaknya akan mengevaluasi seluruh RA agar sesuai dengan regulasi yang ada. Yakni berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 53 Tahun 2017 tentang pengamanan Kargo dan Pos serta rantai pasok kargo dan pos yang diangkut dengan pesawat udara.

“Evaluasi dan tatanan yang ada terhadap Peraturan Menteri nomor 53. Kita harus sinergi dalam melaksanakan ini. Sehingga kedepan barang-barang yang dikirim harus sesuai dengan yang dilaporkan,” tegas Herson.

Sementara, Kasubdit IV Dittipiter Bareskrim Polri, Kombes Pol Parlindungan Silitonga mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengungkap pelaku penyelundupan benih lobster tersebut.

“Pada prisnipnya kami koordinasi dengan BKIPM dan bea Cukai. Kami akan pelajari, ini lebih baru modusnya.
Kita akan membentuk tim dimana saja titik-titik kelemahan di Bandara ini,” kata Parlindungan.

Dirinya juga berharap pengawasan di Bandara Soetta kedepannya lebih baik.

“Kami mendorong temn2 disini bisa yntuk lebih baik kedepannya. Kami akan membackup penuh ke seluruh pihak dan akan melakukan penyelidikan dan pengembangan,” ujarnya.

Diketahui, penyelundupan Benih Lobster kembali digagalkan di Bandara Soetta. Kali ini petugas mengamankan 2 buah koper yang berisi 40.309 benih lobster dari lambung pesawat AirAsia QZ262 rute Jakarta – Singapura. (Rmt)