Home Berita Tekan Angka Kriminalitas & Pekat Saat Bulan Ramadhan, Polres Ciamis Gelar Cipkon

Tekan Angka Kriminalitas & Pekat Saat Bulan Ramadhan, Polres Ciamis Gelar Cipkon

0

Polres Ciamis Polda Jawa Barat menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon). Operasi Cipkon ini digelar untuk menekan angka kriminalitas dan penyakit masyarakat (pekat).

Hal itu diungkapkan Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso. Dirinya menyebut, operasi cipkon tersebut dilaksanakan untuk menciptakan kondusifitas di wilayah hukumnya terlebih saat bulan Ramadhan.

“Operasi Cipta Kondisi ini kita laksanakan dengan sasaran peredaran minuman keras (miras), perjudian dan juga penggunaan obat-obatan terlarang. Tujuannya untuk menciptakan kondusifitas di wilayah Ciamis dan Pangandaran,” kata AKBP Bismo, Minggu (5/5/2019).

Menurut perwira berpangkat melati dua dipundak ini, operasi dilakukan dengan cara menyisir beberapa lokasi yang diduga digunakan sebagai tempat berjualan miras, termasuk ke warung-warung.

Dalam Operasi Cipkon di wilayah hukum Polsek Pangandaran yang di pimpin Panit I Reskrim Ipda Yaya Koswara dan melibatkan empat personil, yaitu Panit II Reskrim Aiptu Iwa Kartiwa, Bripka Turdin Affandi, Bripka Awan dan Bripda Nur Agustin, pihaknya berhasil mengamankan sedikitnya 5 orang yang diduga memiliki atau mengedarkan minuman keras berbagai merk.

Personel Polres Ciamis juga menyita puluhan minuman keras (miras) selanjutnya disita sebagai barang bukti.

“Berhasil diamankan 5 orang berikut barang bukti sekitar 46 botol minuman keras dari berbagai merk,” terang Kapolres.

Dirinya pun merinci, sebanyak 25 botol miras jenis intisari, 5 botol jenis arak killin, 6 botol miras jenis anggur merah gold, 7 botol jenis anggur merah dan 3 botol miras jenis anggur AOB.

Lulusan Terbaik Akpol 2001 ini menambahkan, puluhan botol miras yang berhasil disita nantinya akan dimusnahkan.

“Kami melaksanakan operasi penyakit masyarakat dalam rangka menjaga situasi yang kondusif sehingga masyarakat tenang dan khusyuk dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan,” pungkas Kapolres. (Rmt)