Home Berita Kurator Festival Gapura Cinta Negeri Resmi Dikukuhkan

Kurator Festival Gapura Cinta Negeri Resmi Dikukuhkan

0

Kurator Festival Gapura Cinta Negeri resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilakukan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (07/08/2019).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo mengatakan, tugas kurator merupakan tugas yang sentral karena memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan Festival Gapura Cinta Negeri, diantaranya mengakurasi setia foto maupun dokumentasi yang diunggah ke halaman website.

“Tolong dipahami terkait jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan panitia. Kedua, mengakurasi terhadap unggahan-unggahan foto yang sudah masuk website,” kata Hadi.

Tak hanya itu, tugas kurator yang berjumlah delapan puluh orang dan terdiri dari seluruh perguruan tinggi juga akan menentukan 60 besar pemenang atau nominator untuk selanjutnya pihak panitia.

“Menyajikan 60 nominator atau calon pemenang untuk diserahkan kepada panitia. Tentunya saya harapkan para kurator dapat menjaga informasi ini karena sifatnya rahasia, hingga nanti diumumkan sebagai pemenang,” imbuhnya.

Festival Gapura Cinta Negeri merupakan kegiatan yang digelar untuk menyambut dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan budaya dan mengembangkan nilai-nilai kesatuan.

“Diharapkan kegiatan ini mampu melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia, mempererat persaudaraan diantara warga, serta memantapkan dan mengembangkan nilai-nilai gotong royong yang ada dalam pribadi bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Festival Gapura Cinta Negeri diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif yang mengusung tema “Cinta Negeri.”

Hasil karya gapura yang sudah dikirimkan akan diseleksi oleh 80 orang panitia kurasi (kurator), untuk selanjutnya para kurator akan menyeleksi 50 final gapura Kategori Masyarakat Umum dan 10 finalis Kategori/ Lembaga Perusahaan/Organisasi. Kemudian 60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri.

Kriteria penilaian antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan.

Untuk para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp 1 Miliar, dengan rincian:

Pertama, 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;

Kedua, 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang;

Ketiga, 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;

Keempat, 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta. (ris)