Home Bandara Ratusan Kilogram Suplemen Pelangsing ‘Chocofit’ Dimusnahkan di Bandara Soetta

Ratusan Kilogram Suplemen Pelangsing ‘Chocofit’ Dimusnahkan di Bandara Soetta

0

Ratusan kilogram serbuk coklat pelangsing berbagai merek disita oleh petugas Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Pasalnya, obat pelangsing tubuh tersebut tidak memiliki izin impor.

Selain tidak memiliki izin impor, produk asal Malaysia itu belum memiliki izin edar. Bahkan, dalam setiap bungkus suplemen pelangsing itu mengandung senyawa kimia berbahaya bernama cybutramine.

Hal ini diungkapkan oleh petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nurjaya Bangsawan.

Dirinya menyebut, suplemen makanan bernama Chocofit, Lemonfit, Chovo White, Sieemax Choco Lite ini konon bisa melangsingkan tubuh bila mengkonsumsinya secara rutin.

“Bila dikonsumsi rutin, akan menimbulkan kardio faskular atau serangan jantung, stroke, sampai yang terparah bisa meneyabkan kematian,” kata Nurjaya saat ditemui di KPU Bea dan Cukai Tipe C, Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (19/9/2019).

Produk suplemen pelangsing tubuh tersebut merupakan hasil tegahan petugas Bea Cukai bekerjasama dengan BPOM. Semua suplemen tersebut berasal dari Malaysia yang dibawa masuk ke Indonesia dengan cara dibawa langsung oleh penumpang atau handcarry.

“Dari BPOM sendiri sudah memerintahkan untuk menarik produk-produk tersebut dari pasaran sejak Juli. Sehingga bila ada produk ini masuk lagi, maka langsung diambil langkah penegahan” tuturnya.

Sementara, Kepala KPU Bea dan Cukai tipe C Bandara Soetta, Erwin Situmorang menyebut, bila barang sitaan tersebut dibawa lantaran ketidaktahuan penumpang akan kandungan yang berbahaya di dalamnya.

“Karena ada kandungan bahayanya, sedikit pun langsung kami sita. Terlebih ini dalam jumlah banyak, langsung kami musnahkan,” tegas Erwin.

Adapun suplemen yang dimusnahkan petugas sebanyak 410 kilogram dengan rincian, 273 kilogram Chocofit, 85 kilogram Lemonfit, 15 kilogram Choco White, 16 kilogram Sieemax Choco Lite, 12 kilogram Sleemax Tea dan 9 kilogram Audela. (Rmt)