Home Berita Mahasiswi Sampoerna Hadirkan Inovasi Botol Pengingat Minum

Mahasiswi Sampoerna Hadirkan Inovasi Botol Pengingat Minum

0

Dalam Kompetisi Inovation Project yang digelar Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), mahasiswa dari Universitas Sampoerna Jakarta Selatan membuat sebuah alat pengingat minum air. Ialah Nisa’ Khoiriyah.

Gagasan tersebut berawal dari yang dirasakan oleh Nisa’. Ia mengaku sering kurang kesadaran lantaran kekurangan cairan.

Dirinya sering mengalami urangnya kesadaran minum air dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh yang membuat malas dalam beraktivitas.

“Awal gagasan ini saya yang merasakan sendiri, terkadang kurang minum dan menyebabkan dehidrasi sehingga membuat saya malas untuk belajar dan kulia dan sebagainya. Untuk itu saya berpikir bagaimana caranya agar saya tidak kekurangan air, dan muncul lah ide ini,” ujar Nisa’ di gedung Gedung Widya Bakti (GWB), Puspiptek, Selasa (1/10/2019).

Adapun nama yang diberikan untuk alat tersebut adalah DRREBO yang merupakan singkatan dari Drink Reminder Bottle yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yakni Botol Pengingat Minum.

“Jadi teknisnya, nanti alatnya akan ditempel dibotol minum yang berisi air sesuai kebutuhan tubuh setiap harinya dan setiap kita lupa minum pada waktu yang sudah ditentukan, kita akan diingatkan dengan suara alarm pada alat tersebut,” kata Nisa’.

Dirinya pun optimis hasil inovasi timnya bisa masuk 3 besar dalam kompetisi ini. Selain itu, Nisa’ berharap inovasi tersebut menjadi produk yang dapat membantu masyarakat untuk mengingatkan minum kepada pemiliknya agar terhindar dari dehidrasi.

“Kami optimis juara, minimal masuk 3 besar. Harapan saya, semoga hasil inovasi kami menjadi barang yang sangat berfungsi untuk masyarakat banyak dan membantu masyarakat untuk memperhatikan kesehatan tubuhnya melalui kebutuhan air minum,” pungkasnya. (Ban)