Home Berita Mekar Sari Akan Aksi Bersih-bersih Irigasi Kali Kongsi Baru

Mekar Sari Akan Aksi Bersih-bersih Irigasi Kali Kongsi Baru

0

Pemerintah Desa Mekar Sari, Kecamatan Rajeg, akan menggelar aksi bersih-bersih saluran irigasi di Kampung Kongsi baru RW 07 pada 22 Oktober 2019, aksi tersebut melibatkan masyarakat, Dinas DLHK dan Dinas Bina Marga Kabupaten Tangerang.

“Rencana aksi bersih-bersih pada 22 Oktober 2019 ini, akan melibatkan semua unsur masyarakat. Adapun Dinas DLHK dan Bina Marga kita perbantukan untuk penyediaan alat berat dan mobil sampah. Pasalnya irigasi kali di kongsi baru bukan saja menggunakan tenaga manusia tetapi juga membutuhkan alat berat, karena kondisi sampah sudah menumpuk dan padat,” terang Pj Kades Mekar Sari Endang Mulyawan, kepada tangerangonline.id, Kamis (17/10/2019).

Endang menyebut ada sekitar 200 Orang yang terlibat dalam aksi bersih-bersih kali ini. Endang memperkirakan waktu pengangkatan sampah di irigasi kali kongsi baru ini sekitar 1 hari harus sudah kelar..

“Alat-alat yang digunakan mobil beko, cangkul, pengki, karung dan mobil sampah,” ucapnya.

Endang mengungkapkan, kondisi irigasi kali yang ada di Kampung kongsi baru tepatnya di RW 07 ini sungguh memprihatinkan, ditambah adanya bahan bangunan material yang sudah menahun dan numpuk sampai tumbuh rerumputan. Dan juga kali tersebut berdekatan dengan perum grand live. “Tentunya pas pelaksanaan nanti pihak perum grand live dan stekholder lainnya ikut serta aksi bersih bersih tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, menjaga lingkungan sudah menjadi kewajiban bersama bukan hanya tugas pemerintah, aksi bersih-bersih juga sebagai upaya mendorong kesadaran warga agar selalu peduli terhadap lingkungan.

“Jika kali irigasi tidak dipenuhi sampah, aliran airnya mengalir dan tidak kotor, sehingga menghadapi musim hujan nanti sehingga banjir bisa diminimalisir,” ucap Endang Mulyawan.

Ia berharap rencana aksi bersih-bersih ini diharapkan warga tidak ada lagi membuang sampah sembarangan baik itu disungai maupun sekitar lingkungan rumah.

“Kami meminta kepada warga mekar sari tidak lagi ada yang buang sampah di sungai atau pun dikali irigasi, mari kita jaga lingkungan yang bersih dan sehat,” tandasnya. (Sam)