Home Bandara Asyiik, Pemeriksaan Kesehatan Gratis Hadir di Bandara Soetta

Asyiik, Pemeriksaan Kesehatan Gratis Hadir di Bandara Soetta

0

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan hari AIDS, pengguna jasa Bandara Soekarno-Hatta diajak untuk melakukan pengecekan gula darah, pemeriksaan HIV/AIDS dan penyakit tidak menular lainnya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II.

Pengguna jasa bandara atau calon penumpang, petugas di terminal hingga masyarakat umum dapat mendatangi booth pemeriksaan kesehatan ini. Pemeriksaan kesehatan disini tidak dikenakan biaya atau gratis.

“Nanti diminta untuk isi biodata dulu, seperti nomor kontak, alamat jelas dan lainnya. Baru petugas akan mengambil sample darah, kemudian masuk laboratorium guna pengecekan lebih lanjut,” kata Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno Hatta, dr Anas Ma’ruf, saat ditemui di Terminal 2 Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (10/12/2019).

Untuk pengecekan HIV/AIDS membutuhkan waktu, bilamana ada penumpang yang pada saat pemeriksaan awal terindikasi penyakit menular tersebut, petugas KKP akan menghubungi yang bersangkutan secara pribadi.

“Bila yang dicek adalah penumpang yang tinggal jauh di luar kota, kami yang akan berkordinasi dengan KKP di wilayah setempat. Untuk kemudian bisa menjangkau pasien tersebut,” tutur dr Anas.

Pengecekan bukan hanya untuk HIV/AIDS saja, melainkan juga untuk melakukan pengecekan penyakit non menular lainnya. Seperti gula darah hingga kolesterol.

“Jadi hasil akhirnya nanti pasien akan kami kabari secara pribadi,” katanya.

Bukan hanya di Terminal 2 saja, pemeriksaan serupa juga dilakukan di Terminal 1 dan 3 Bandara Soetta. Pemeriksaan kesehatan gratis ini mulai hari ini hingga besok Rabu, 11 Desember 2019. (Rmt)