Home Index Penimbun Masker Dapat Dijerat UU Perdagangan dan Dipenjara 5 Tahun

Penimbun Masker Dapat Dijerat UU Perdagangan dan Dipenjara 5 Tahun

0

KOTA TANGERANG – Polda Metro Jaya (PMJ) menyebut penimbunan masker adalah perbuatan melanggar undang – undang perdagangan dan dapat dijerat dengan kurungan penjara lima tahun.

Maraknya oknum yang melakukan penimbunan masker untuk memperkaya diri sendiri membuat jajaran PMJ geram. Pasalnya, ditengah sulitnya masyarakat untuk mencari masker, segelintir orang justru memanfaatkan momen ini untuk meraup pundi rupiah yang lebih.

Kepala Bidang Humas, Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pelaku dapat dijerat pelaku penimbun masker dengan kurung penjara maksimal 5 tahun. Terlebih lagi masker tersebut, lanjut Yusri, tidak memiliki ijin edar resmi dari Kemenkes RI.

“Kita bisa jerat dengan undang – undang perdagangan dan juga kurung penjara lima tahun,” ujarnya dalam konferensi pers dengan wartawan di Gudang PT MJP Cargo, Rabu (4/3/2020).

Yusri menyebut, di Tangerang sendiri pihaknya baru menemukan satu lokasi gudang yang diduga melakukan penimbunan masker.

“Kita dalami ini masker mau ditimbun apa dikirim ke luar negeri. Dari 600 ribu masker ini ada yang tidak memiliki ijin edar. Sementara barbuknya akan kita kirim ke Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Dari hasil operasi pasar, kata Yusri, petugas juga menemukan harga masker yang di bandrol cukup mahal.

“Di pasar Pramuka saja harga bisa mencapai 300 ribu. Padahal sebelumnya ini hanya 20 sampai 30 ribu,” pungkasnya. (Bal)