Home Berita Kunker Ke Pagedangan Ilir, Anggota DPRD Banten Bahas Bansos

Kunker Ke Pagedangan Ilir, Anggota DPRD Banten Bahas Bansos

0

Anggota DPRD Provinsi Banten dari daerah pemilihan (Dapil) Tangerang B, menggadakan kunjungan kerja ke Desa Pagedangan Ilir, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Adapun kedatangan Anggotan DPRD Provinsi Banten tersebut dalam rangka membahas bantuan sosial (Bansos) yang terdampak Pandemi Covid-19.

Ahmad Farisi Anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi PAN mengatakan, kegiatan kunjungan kerja kedaerah pemilihan Tangerang B ini merupakan agenda rutin dari Komisi III. Namun agenda hari ini di Desa Pagedangan Ilir, Kecamatan Kronjo.

“Kami hanya boleh melakukan kunjungan kerja saja ditengah Pandemi Covid-19, tujuannya untuk menghemat anggaran dan yang kedua sesuai protokol kesehatan,” kata Ahmad Farisi dari Komisi III DPRD Provinsi Banten, Selasa (30/6/2020).

Kemudian kunjungan kerja ini juga dalam rangka pelaksanaan Covid-19 ditingkat desa atau kelurahan. Sementara itu untuk desa pagedangan ilir sudah melaksanakan upaya pencegahan dan memutus mata rantai virus corona.

“Hasil dari laporan kades pagedangan ilir dalam upaya pencegahan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan pembagian alat pelindung diri (APD). Menurut kami ini sudah bagus sekali, namun insensitasnya lebih ditingkatkan lagi karena PSBB diperpanjang kembali sampai 12 Juli 2020,” terangnya.

Selanjutnya, mengenai bantuan-bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah, yang diterima oleh desa pagedangan ilir ada yang mendapatkan dari PKH, BPNT, dan BSP.

“Ada 2300 KK penerima manpaat diluar itu juga ada bantuan sosial yang mengalir kedesa pagedangan ilir yaitu bantuan sosial dari Pempro Banten dan Pemda Tangerang,” jelasnya.

Ahmad Farisi mengatakan, untuk bantuan sosial dari Provinsi Banten dan Pemda Tangerang masih terkendala administrasi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas sosial provinsi banten, untuk bansos provinsi Insya Allah cair dibulan Juli,” jelasnya.

Ia menambahkan, persoalan data yang tidak tepat sasaran, atau penerima manpaat pindah alamat dan atau penerima manpaat sudah meninggal dan atau orang tersebut katagori mampuh.

“Tadi kami sudah bicarakan denga kades pagedangan ilir, ini hanya tinggal buat rekomendasi dari kades kemudian berkoordinasi dengan penyalur bansos layak atau tidaknya menerima bansos tersebut,” ungkapnya.

Ia berharap bantuan sosial yang terdampak pandemi Covid-19 tepat sasaran untuk mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Pagedangan Ilir, Kecamatan Kronjo Arief Chaer Muzakir mengucapkan terimakasih atas kunjungan Anggota DPRD Provinsi Banten dari Komisi III, dalam rangka kunjungan kerja monitoring bansos dan pencegahan Covid19.

“Alhamdulillah sudah kita sampaikan untuk desa pagedangan ilir bantuan sosial baik dari kemensos maupun dari pemerintah daeran sudah mendapatkan hanpir 50 persen,” ujarnya.

Arief mengatakan, selain bansos, kami juga membahas peningkatan badan usaha milik desa (Bumdes). Pasalnya pegedangan ilir memiliki argo wisata dan rencana waduk sesuai yang ada di master plen.

“Mudah-mudahan dengan berkunjungnya anggota DPRD Provinsi Banten ini, pagu anggaran provinsi bisa didorong kedesa pagedangan ilir untuk peningkatan bumdes dan kesejahteraan masyarakat desa pagedangan ilir,” tandasnya.(Sam)