Home Berita RAPI Banten Teken Kerjasama dengan RRI Banten Sebarkan Informasi Bencana

RAPI Banten Teken Kerjasama dengan RRI Banten Sebarkan Informasi Bencana

0

Serang – Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) proivnsi Banten mengapresiasi program kerjasama RRI dengan RAPI dalam memberikan informasi untuk kepentingan publik, khususnya mitigasi bencana. Apalagi RRI menjadi salah satu media yang jangkauan informasinya luas. Sehingga informasi yang disampaikan RAPI dari lokasi bencana ke studio RRI, tidak akan ditemukan kendala, lebih cepat dan akurat.

“Sesuai tugas kita di RAPI, kita menyampaikan berita yang sangat aktual yang tidak dapat dijangkau alat komunikasi lain saat terjadi bencana alam. Dimana anggota RAPI yang berada dilokasi bencana dengan panggilan jiwa tetap memberikan informasi yang belum terekspose di media,” ungkap Ketua RAPI provinsi Banten, Budi Setiyono Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, melalui kerjasama ini, maka langkah awal akan membuat Posko Informasi di RRI untuk menampung informasi dari seluruh anggota RAPI yang berada di lokasi bencana.

“Teman-teman yang dilapangan itu mengumpulkan berita dan setelah terkumpul semua data yang didapatkan, lalu diteruskan ke posko untuk diolah dan disiarkan di RRI,” terangnya.

Koordiantor SP RRI Banten, Suherlan menyambut baik atas disepakatinya kerjasama peneyebarluasan informasi dari RAPI melalui RRI Banten. Dengan kerjasama ini diharapkan RRI menjadi sentra informasi tentang kebencanaan.

“Apalagi RRI telah ditetapkan sebagai Radio Tanggap Bencana. Sehingga tidak hanya informasi bencana dari lokasi. Melainkan RRI juga memberikan pendidikan bagi masyarakat melalui siarannya,” ucap Suherlan.

Bahkan Suherlan juga menginginkan kerjasama RAPI ini diharapkan mampu melengkapi informasi kebencanaan yang ada di RRI.

“Apabila masyarakat ingin mendapatkan informasi cepat dan akurat bisa dengarkan RRI. Karena tidak hanya reporter dan masyarakat yang bicara. Saat ini Anggota RAPI bisa menyampaikan kejadian bencana apapun di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya.