Beranda Bandara AP II Prediksi Akan Terjadi Lagi Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta

AP II Prediksi Akan Terjadi Lagi Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta

0

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memprediksi akan terjadi lagi lonjakan penumpang saat liburan natal dan tahun baru 2021 di Bandara berkode CGK tersebut.

Seperti diketahui, pada saat libur Idul Fitri 2020 lalu dikeluarkan imbauan larangan mudik. Sementara cuti bersama saat Lebaran dipindah ke akhir tahun ini.

Durasi libur dan cuti bersama di akhir tahun ini pun lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sementara, pergerakan penerbangan pada puncak aris balik pada Minggu (1/11/2020) kemarin hampir menyentuh 700 pergerakan pesawat baik take off maupun landing dengan total penumpang sebanyak 67 ribu orang.

“Kita mungkin melihat kurang lebih secara volume frekuensi hampir sama, hanya untuk akhir tahun durasinya lebih panjang,” kata Awaluddin di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (1/11/2020).

Meski demikian, Awaluddin memprediksi saat libur di akhir tahun tidak ada puncak arus pergi maupun arus balik. Sebab, ketika libur Natal dan tahun baru 2021 nanti rentang dan durasi libur jauh lebih panjang.

“Durasi yang boleh kita bilang dalam situasi libur panjang Desember itu bisa mendekati 15-20 hari, karena libur cuti lebaran pindah ke Desember ditambah juga libur bersama nataru (Natal dan tahun baru) juga Desember,” kata Awaluddin.

“Jadi secara distribusi pergerakan penumpang dan pesawat lebih longgar,” tambahnya.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, jumlah penerbangan dan penumpang di akhir tahun tidak akan jauh berbeda dari liburan panjang yang baru saja dilewati.

“Kalau frekuensi penerbangan dan pergerakan penumpang mungkin hampir sama,” tutur Awaluddin. (Rmt)