Beranda Berita Mahasiswa UNIS Budidaya Tanaman Hidroponik Lewat Aplikasi Simkron di Mauk

Mahasiswa UNIS Budidaya Tanaman Hidroponik Lewat Aplikasi Simkron di Mauk

0

Mahasiswa Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang mengaplikasi konsep budidaya hidroponik yang efektif dan efesian dengan menggunakan Hand Phone (HP) Android atau sistem monitor dan kontrol hidroponik (Simkron).

Aplikasi konsep tersebut dilakukan di Rumah Kasa Hidroponik yang diresmikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, bertempat di Desa Tegal Kunir Kidul, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (7/11/2020).

Turut hadir Kadis DPKP Kabupaten Tangerang H Aziz Gunawan, Camat Mauk Arief Rachman Hakim, Kades Tegal Kunir Kidul Wawan Surayu, Wakil Rektor Unis Tangerang, Mahasiswa Unis Tangerang, Tokmas dan Toga.

Wakil Rektor UNIS Tangerang Suhaya dalam sambutannya mengatakan, budidaya hidroponik yang bisa dikontrol menggunakan handphone Android itu merupakan program mahasiswa UNIS Fakultas Teknik. Program itu diimplementasikan di Desa Tegal Kunir Kidul, Kecamatan Mauk bekerjasama dengan Balai Penyeluh Pertanian (BPP) Mauk.

“Sebagai dukungn program ketahanan, kami memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat untuk budidaya hidroponik yang bisa dikontrol melalui HP Android atau sistem monitor dan kontrol hidroponik (Simkron), seperti, menyiram tanaman, mengecek suhu dan jadwal pemeliharaan,” terangnya.

Camat Mauk Arief Rachman Hakim mengatakan, pihaknya juga sedang membentuk pemuda tani, yang bertujuan untuk pemulihan dampak ekonomi Covid-19. Untuk itu pihaknya merasa tertantang dengan gagasan untuk mengembangkan pertanian.

“Kami sudah berbicara dan berkoordinasi dengan pemilik lahan yang ada di mauk. Mudah-mudahan terobosan baru ini dengan mengembangkan pertanian ekonomi warga mauk akibat dampak Covid-19 bisa meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, H Azis Gunawan mengucapkan, terimakasih kepada UNIS Tangerang yang memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tegal kunir kidul khususnya, umumnya masyarakat mauk, untuk budidaya tanaman hidroponik.

“Atas nama Pemerintah daerah sangat apresiasi sekali kepada UNIS Tangerang. Namun saya berharap, pembinaan dan penyuluhan ini juga bukan hanya di Desa Tegal Kunir Kidul, tapi juga di desa lain di Kabupaten Tangerang,” tutupnya. (Sam)