Home Bandara Tingkatkan Pelayanan, Otban Luncurkan Pelayanan Pas Bandara Soetta Same Day Service

Tingkatkan Pelayanan, Otban Luncurkan Pelayanan Pas Bandara Soetta Same Day Service

0
Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta, Mohammad Alwi.

Penerbitan Pas Bandara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) kini dapat selesai dalam hari yang sama.

Sebelumnya, pengajuan Pas Bandara di Bandara Soetta dapat memakan waktu beberapa hari. Pelayanan ini disebut Same Day Service.

Launching pelayanan Pas Bandara ini dilakukan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Novie Riyanto di Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah I Kelas Utama Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (24/11/2020).

“Ada beberapa launching pelayanan kita. Untuk pas, hari ini kita (launching) same day services, dulu pelayanan pas bisa berhari-hari,” kata Novie Riyanto.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara, pelayanan sistem online same day service ini bertujuan untuk meningkatan pelayanan kepada stakeholder yang bekerja dan masyarakat yang punya kepentingan di Bandara Soetta.

“Tujuan utamanya adalah kita menghilangkan hal-hal yang sifatnya ada sesuatu. Jadi, dengan pelayanan real time online ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Novie.

Pada kesempatan ini juga, Dirjen Perhubungan Udara juga melaunching perizinan ketinggian, Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan dan izin operasional ground handling dan fasilitas sertifikasinya secara online.

Sementara Kepala Kantor Otban Wilayah I Kelas Utama Bandara Soetta, Mohammad Alwi mengatakan, pemohon Pas Bandara harus melalui tahapan yang sudah ditentukan dan semua tahap melalui sistem yang ketat dengan Information technology (IT) hingga Computer Based Test (CBT).

“Maka dari itu, kita programkan dengan IT ini enggak sembarangan. Karena nanti ada admin, setelah admin ada backgroundcheck-nya dan ada CBT-nya,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, program Same Day Service tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap stakeholder dan masyarakat yang bekerja maupun yang memiliki kegiatan di Bandara Soetta.

“Tujuannya itu untuk menciptakan pelayanan prima terhadap orang per orangan yang punya kegiatan dan pekerjaan di Bandar Udara ini,” pungkas Alwi. (Rmt)