Home Berita Jadi Sekolah Binaan LPMP Banten, UPT SMPN 1 Mauk Siapkan Program Unggulan

Jadi Sekolah Binaan LPMP Banten, UPT SMPN 1 Mauk Siapkan Program Unggulan

0

Sejak tahun 2017 ditetapkan sebagai sekolah Model SPMI, UPT SMP Negeri 1 Mauk, Kabupaten Tangerang terus konsisten dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Ini  terbukti adanya peningkatan rapor mutu sekolah dari tahun sebelumnya.

Di masa Pandemi Covid 19 ini, UPT SMPN 1 Mauk rajin mengikuti kegiatan-kegiatan Sekolah Binaan LPMP Banten mulai dari mengirimkan 4 (empat) Guru untuk mengikuti kegiatan Unit Layanan Fasilitasi (ULF), hingga membuat program-program unggulan sekolah dimasa pandemi yang direncanakan oleh Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS).

Hingga saat ini, UPT. SMP Negeri 1 Mauk telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut hingga pendampingan terakhir, Senin (30/11/2020).

Menurut Titi Sriyati, Kepala UPT SMPN 1 Mauk, “Sejak Sekolah kami menjadi Sekolah Model SPMI, Kami didampingi oleh LPMP dalam peningkatan Mutu di Sekolah, banyak perubahan-perubahan yang kami lakukan kearah yang lebih baik, misalnya dalam proses pembelajaran dan penilaian, peningkatan sarana dan penataan Llngkungan sekolah yang pada akhirnya berdampak pada meningkatnya Rapor Mutu Sekolah,” ucap Titi Sriyati, Selasa (1/12/2020).

Lebih lanjut Titi Sriyati memberikan apresiasi kepada LPMP Banten atas  Pendamingan yang diberikan dimasa Pandemi Covid 19 ini dalam mendampingi Tim TPMPS untuk merencanakan program unggulan sekolah  dan mendampingi 4 Guru ULF dalam merencanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), pembuatan Video pembelajaran, PPT hingga blog untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

“Pada saat pendampingan kami membuat program unggulan sekolah Digitalisasi Pembelajaran. Menurutnya digitalisasi Pembelajaran penting bagi peserta didik dalam menghadapi era digital,” ujar Ketua TPMPS SMPN 1 Mauk.

Di tempat yang sama Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Rohimat  menambahkan, saat ini UPT. SMPN 1 Mauk telah memiliki sarana pendukung mulai dari 3 ruang Laboratorium Komputer yang berisi 128 komputer, 5 Server, Infokus, hingga layanan akses internet serta telah memiliki platform pembelajaran Gredu Teachers dan Gredu Students sebagai Learning Management System (LMS).

“Program ini merupakan Implementasi dari pembelajaran baru atau new learning yang dipersiapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkolaborasi, kemampuan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, serta kreativitas dan inovasi atau dikenal dengan 4C, mempermudah proses belajar mengajar, karena peserta didik dapat mengakses semua bahan ajar ataupun bahan Penilaian dalam satu jaringan, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan karena menggunakankan multimedia (PPT, Video) dan tidak hanya berupa teks, dalam mendukung Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Kabupaten Tangerang,” tutupnya.(Sam)