Home Berita Antisipasi Kepulangan Pemudik, Pemkot Tangsel Siapkan Seribu Alat Swab Antigen

Antisipasi Kepulangan Pemudik, Pemkot Tangsel Siapkan Seribu Alat Swab Antigen

0

Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan menyiapkan 1000 Alat Swab Antigen bagi perantau yang nekat mudik Lebaran meski sudah dilarang oleh Pemerintah. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi kepulangan pemudik warga Kota Tangerang Selatan.

Pasalnya, kepulangan mereka masih di tengah pandemi Covid-19, sehingga perlu persiapan matang untuk mencegah risiko peningkatan penularan virus corona atau Covid-19 di Kota Tangerang Selatan.

Hal itu dikatakan Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat dihubungi tangerangonline.id, Minggu (16/5/2021).

“Pak kapolres sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tangsel. Dan bagi pemudik yang kembali ke Tangsel akan dilakukan Swab Antigen di satgas terdekat. Sudah disiapkan 1000 Alat Swab Antigen,” katanya.

Walikota mengatakan, nanti jika ada pemudik yang terbukti positif Covid-19 maka harus di isolasi dirumah lawan Covid dan jika pemudik dinyatakan negatif diminta untuk tetap isolasi mandiri selama 5 hari.

“Tentunya jika hasil Swab Antigen hasilnya dinyatakan positif akan di tangani dirumah lawan Covid. Yang negatif diminta untuk tetap isolasi selama 5 hari dirumah masing-masing,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Pemkot Tangsel memperkirakan sebanyak 30 persen warganya telah melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk kegiatan mudik.

Alhasil, pihaknya pun tengah melakukan koordinasi untuk mengantisipasi kepulangan warga Tangerang Selatan dari kampung halaman.

“Di wilayah Tangsel, justru banyak masyarakat yang keluar dari Kota Tangsel. Makanya, kami fokus pada bagaimana nanti pasca lebaran,” kata Benyamin Davnie, Sabtu, (8/5/2021).

Benyamin mengatakan, dari laporan yang didapatnya, sekitar 30 persen warga Tangsel telah bergerak melakukan perjalanan ke luar kota.

“Sekitar 30 persen, tapi sampai saat ini belum ada angkanya, masih bergerak,” ujarnya. (Ded)