Home Berita Fraksi PSI Kritisi Kebijakan Penanganan Pandemi Selama Mudik di Tangsel

Fraksi PSI Kritisi Kebijakan Penanganan Pandemi Selama Mudik di Tangsel

0

Sekretaris Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD Kota Tangsel Alex Prabu, mengkritisi kebijakan mitigasi resiko arus balik mudik Pemkot Tangsel.

“Tangsel mungkin bukan menjadi tujuan mudik bagi sebagian besar masyarakat, tetapi selama libur lebaran kemarin Tangsel menjadi salah satu tujuan wisata belanja dan kuliner bagi warga di sekitarnya,” kata Alex dalam rilisnya kepada tangerangonline.id, Minggu (16/5/2021).

Alex menuturkan, dalam pantauan kami, selama libur idul Fitri, mall dan pusat kuliner yang ada di Kota Tangsel sangat ramai hingga menyebabkan jalanan macet. Menurutnya, Fraksi PSI khawatir jika kondisi demikian ditambah dengan arus balik mudik, akan memperburuk kondisi pandemi di Tangerang Selatan.

Lebih lanjut, Alex mengatakan, pemeriksaan kepada mereka yang kembali dari luar harus ekstra ketat dan  memeriksa surat bebas Covid 19, bila pemudik tidak dapat menunjukkan surat bebas covid maka mereka wajib diswab dan karantina jika hasil swab positif.

“Pos-pos pemeriksaan harus siap siaga di semua titik arah masuk Tangsel. Pemkot dapat memberdayakan kembali gugus tugas di tingkat RT/RW dalam membantu memantau dan mengawasi masyarakat di lingkungan masing-masing. Infrastruktur kesehatan juga harus siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Anggota Komisi II DPRD bidang Kesehatan ini juga terus mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan(Prokes) selama beraktivitas.

“Apapun varian virus Covid-19 yang ada, teknik pencegahannya tetap sama yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Ini tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tutupnya. (Rls/ded)