Home Berita IDRI Banten Gelar PKM Kolaboratif Nasional di Tanjung Lesung

IDRI Banten Gelar PKM Kolaboratif Nasional di Tanjung Lesung

0

Sebanyak 132 Dosen yang tergabung di Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Banten diterjunkan ke Tanjung Lesung untuk melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kolaborasi Nasional Batch 2 (22/05/2022).

Dosen-dosen yang berasal dari 35 perguruan tinggi se-Banten dan Jakarta, Tangerang, Bogor dan Bekasi (Jabodetabek) selama satu hari melaksanakan pengabdian untuk melaksanakan salah satu tugas tri darma perguruan tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana PKM Kolaboratif Batch 2, Didi Wandi dalam pengantar pada kesempatan itu menyatakan, bahwa kegiatan ini sebagai bagian dari tanggungjawab Dosen dalam mengimplementasikan tri darma peguruan tinggi yang wajib dilaksanakan dalam setiap semesternya.

“Alhamdulillah pada tahun ini, IDRI Banten mampu menerjunkan sebanyak 132 Dosen dari berbagai wilayah untuk hadir dan mengikuti kegiatan PKM. Tahun lalu kami melaksanakan PKM di Pulau Tunda Kabupaten Serang, dan tahun 2022 ini kami memilih Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang sebagai sasaran kegiatan PKM,” terang Didi Wandi yang juga merupakan Pengurus IDRI Banten kepada Tangerangonline.id, Jumat (27/05/2022).

Kata Didi Wandi, hadir dalam kegiatan PKM, Maman Rohman selaku Kabid Pengembangan Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Engkos Kosasih selaku Camat Panimbang, Astaka selaku Kepala Desa Tanjung Jaya dan perwakilan masyarakat yang akan menjadi peserta pelatihan dan pembinaan PKM oleh IDRI Banten.

Sementara Achmad Rozi El Eroy selaku Ketua IDRI Provinsi Banten, mengatakan bahwa PKM Kolaboarsi Batch 2 IDRI Banten merupakan kegiatan tahunan yang Insya Allah akan menjadi sarana untuk saling silaturahmi diantara dosen-dosen se-Banten pada khususnya, dan umumnya di dosen yang berasal dari luar Banten.

“Selama ini kita terjebak dalam interaksi yang sempit, hanya bertemu dan bercengkrama dengan rekan atau kolega dosen satu kampus saja. Melalui PKM Kolaborasi ini diharapkan terbuka ruang untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi diantara Dosen-dosen yang hadir,” ungkap Rozi selaku Ketua IDRI Banten.

Dikatakan Rozi, hadirnya kegiatan PKM ini bukan semata-mata untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, jauh lebih penting dari itu adalah adanya sinergi dan kolaborasi postif diantara dosen dengan dosen, dosen dengan masyarakat dan dosen dengan pemerintah.

“Oleh karenanya, mari kita manfaatkan sebaik-baiknya momentum ini untuk saling berkolaborasi,” kata Rozi yang juga merupakan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Primagraha ini.

Sedangkan Camat Panimbang, Engkos Kosasih mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Dosen yang tergabung di IDRI Provinsi Banten, karena telah memilih Tanjung Lesung ini sebagai sasaran dari kegiatan PKM.

“Terus terang ini adalah kali pertama Tanjung Lesung di kunjungi dosen-dosen sebanyak 132 orang yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi di Banten dan luar Banten. Kami sangat mengapreasiasi atas inisiatif IDRI Banten untuk melaksanakan PKM di tanjung Lesung,” tutur Engkos Kosasih.

Ditambahkan Engkos, pihaknya berharap kehadiran para Dosen yang teragbung di IDRI Provinsi Banten turut serta menggairahkan perekonomian masyarakat melalui pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan.

“Para Dosen yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang banyak terkait dengan pengelolaan pariwisata sangat diharapkan dapat membantu motivasi masyarakat dalam mengelola Tanjung Lesung sebagai Kawasan Ekonomi yang dapat bersaing dengan daerah lain,” imbuhnya.

Kegiatan diakhir dengan melakukan kunjungan ke Sentra Industri Batik Cikadu yang berada di Desa Cikadu Pandeglang. Disini para dosen melakukan sharing dengan pengelola Sanggar Batik Cikadu untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh pengelola sanggar. (Ris)